Andai Aku Bisa

Ada ribuan bahkan jutaan karya yang tercatat sebagai mahakarya musik Indonesia, musik kita. Ada ratusan pelaku karya, penghasil karya-karya indah, yang bernama musisi Indonesia. Dari sekian jutaan karya, tak semuanya bisa jadi tutur cerita di sini. Dari sekian pertemuan dengan musisi Indonesia, tak semuanya pula bisa saya bagikan di sini.

Bagaikan sebuah kamus – yang pasti tak lengkap dengan satu dua kata yang tak tercantum di sana – begitu pula cerita-cerita di laman ini. Inilah sebuah ketidaksempurnaan manusia. Sebuah keterbasan yang sejatinya ingin saya atasi dan berkata “Andai Aku Bisa”.

Jadi, ketika pembaca tak menemukan tutur cerita saya tentang sebuah karya atau interaksi saya dengan salah seorang musisi Indonesia, inilah keterbatasan itu. Mungkin butuh waktu, atau butuh interaksi (permintaan) pembaca atau bahkan keberanian untuk mengungkapkan untuk menghadirkan tutur cerita itu.

(Chrisye, Konser Tour, 2001)
Yogyakarta, 060912

Leave a Reply

