Passport

Kegiatan mengoleksi berlanjut pada berburu tanda tangan artis. Koleksi saya akan memiliki nilai tambah (added value) jika terdapat tanda tangan musisi yang berkarya di karya mereka. Sebenarnya, berburu tanda tangan artis sudah saya lakukan sebelumnya namun hanya terbatas pada artis favorit saya.

Semakin bertambahnya jumlah koleksi membuat saya juga ingin mengenal mereka lebih dekat. Interaksi dengan mereka yang disertai komunikasi saya yakini akan bisa membuat saya lebih mendalami karya-karyanya. Dan, itulah faktanya.

Awal-awal berburu tanda tangan artis saya lakoni dengan menunggu mereka di tempat mereka menginap ketika sedang mengadakan pertunjukan di kota ini. Saya menyempatkan menit demi menit menunggu mereka untuk dapat bertemu dan meminta tanda tangan. Tak jarang, saya harus berhadapan dengan pengawal yang menjalankan tugas menjaga sang artis. Penjagaan terjadi pada artis-artis tertentu saja. Semua tak ada yang salah. Masing-masing artis memiliki kriteria sendiri apakah mereka perlu mendapat pengawalan atau tidak.

Dan, ketika sudah bertemu, saya meminta tanda tangan di seluruh koleksi yang saya miliki. Ada kebanggaan dan kepuasan tersendiri ketika mereka membubuhkan tanda tangan di banyak koleksi album mereka. Pemberian tanda tangan sekaligus di banyak album tak jarang membuat mereka bisa ingat saya.

Kehadiran social media Facebook semakin membantu saya menemui artis-artis yang saya buru tanda tangannya. Berkenalan dengan mereka di sana, kemudian menyatakan ingin bertemu dan disambut hangat karena mereka tau koleksi saya yang saya pajang di album foto Facebook. Semakin banyak koleksi saya yang ditandatangani dan semakin banyak artis yang saya kenal merupakan passport (jalan masuk) ke perburuan selanjutnya.

Perkenalan dengan beberapa artis mulai memuluskan keinginan saya untuk mengenal mereka lebih dekat, tak hanya sekedar hubungan fans dan artis. Beberapa artis bercerita tentang sebuah lagu dan membuat saya semakin tau tentang lagu itu.

Krakatau, First Album, 1987
yogyakarta, 151012

Leave a Reply

