Rida – Selamanya

Judul album: Selamanya
Penyanyi: Rida Farida (Rida RSD)
Produser: Wirawan Hartawan, Dina Mariana, Utha Likumahuwa, Adjie Soetama
Produksi: Platinum, 2009

Setelah dua kali tampil bersama RSD di layar televisi, akun Facebook Rida dipenuhi komentar para penggemarnya yang menyatakan kerinduan penampilan mereka serta mendukung kembalinya RSD di kancah musik Indonesia. Kerinduan para penggemar nampaknya menjadi semangat bagi Rida untuk segera menyelesaikan album solonya yang sudah dipersiapkan sebelum tampil (reuni) bersama Sita dan Dewi.

Memanfaatkan histeria lagu-lagu 80an yang akhir-akhir ini terus menggiring penikmat musik berusia 40+ untuk mencoba mengulang masa lalu yang indah, separo persis album ini berisi lagu yang populer di tahun-tahun itu; tiga lagu Vina Panduwinata berjudul Salamku Untuknya (album Festival Lagu Populer Nasional – 1983), Mohon Ampun (Citra Ceria – 1984) dan Dua Anak Manusia (Cinta – 1985), satu lagu Ruth Sahanaya berjudul Selamanya (Tak Kuduga – 1989) serta lagu Trie Utami berjudul Tinggal Bilang (Adjie Soetama & Rekan – 1989). Sisanya, 3 lagu adalah lagu yang dibawakan Rida bersama RSD: Antara Kita & Masih Ada (Antara Kita – 1995) dan Aku Ingin (Bertiga – 1997), dan 2 lagu baru berjudul Katakan dan Sahabat. Dari kesepuluh lagu itu, hanya lagu Dua Anak Manusia-lah ciptaan Vina Panduwinata. Sisanya, lagu-lagu di album ini ciptaan Adjie Soetama yang berkolaborasi dengan pencipta lagu lain seperti Andre Hehanussa, Chrisye, Irianti Erningpraja, Budi Bidhun & Tetet Cahyati.

Keberanian Rida menyanyikan lagu-lagu Vina Panduwinata & Ruth Sahanaya menjadi catatan tersendiri karena lagu-lagu itu disenandungkan tanpa mengurangi penghayatan dan tanpa kesulitan berarti bagi penyanyi 90-an ini. Rida tentu tak sulit mengenali lagu 80-an yang berjarak umur tak terlalu jauh dengan eranya sebagai penyanyi.

Namun, pada lagu Tinggal Bilang, jangan berharap lagu ini punya soul secentil jika dinyanyikan oleh Trie Utami mengingat Rida sebagai bagian dari grup RSD memang tak dilahirkan untuk menyanyikan lagu dengan beat sekencang Trie Utami pada grup Krakatau yang butuh banyak dinamika.

Tiga lagu yang dinyanyikan bersama bersama rekannya, Sita & Dewi, sama sekali tidak kehilangan jiwa RSD. Kedua lagu baru yang ada di album ini tidaklah terlalu sulit disenandungkan Rida mengingat kedua lagu ini sangatlah “RSD”

Album ini sangatlah pas didengarkan para fans RSD yang rindu pada mereka karena jiwa RSD terasa sangat kental di sini. Penggemar Vina Panduwinata dan Ruth Sahanaya juga tak ada salahnya ikut mendengarkan lagu-lagu yang dulu sempat dipopulerkan kedua penyanyi tersebut. Bisa mengobati kangen suara si Burung Camar dan Uthe.

Beberapa waktu ke depan, nampaknya penyanyi-penyanyi lain akan mengekor album semacam ini untuk memanfaatkan momentum daur ulang lagu-lagu hits era 80-an yang sekarang sedang bangkit karena adanya pengaruh acara Zona80 di Metro TV setiap Minggu Malam. Daur ulang lagu-lagu pop kreatif 80-an semacam album Selamanya ini akan menjadi perimbangan yang baik di tengah maraknya lagu-lagu Indonesia yang bersifat generic & stereotipe oleh band-band anak jaman yang lebih mementingkan faktor industri (kapitalisme) daripada estetika lirik & pesan sebuah lagu.

Lepas dari lagu-lagu indah yang dilantunkan oleh Rida pada album solonya ini, hal yang sedikit mengganjal adalah pemberian label genre jazz yang kurang pas pada lagu-lagu yang easy listening. Pencantuman “Audiophile Recordings” layak tercetak di cover kemasan album yang tidak lazim untuk album biasa karena musiknya memang akustik nan halus. Warna biru yang menghiasi seluruh album mulai dari cover, keping cakram sampai lirik menjadi sejuk dipandang, sesejuk warna langit cerah jika album ini tidak dibeli di lapak-lapak bajakan yang kian hari kian mematikan toko kaset yang menjadi nafas kehidupan penyanyi & pencipta lagu.

Singo
Penikmat Musik

catatan: review ini pertama kali saya munculkan di Note Facebook pada 26 April 2009

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s