Utha Likumahuwa – Esok Kan Masih Ada

 

Camera
KODAK EASYSHARE C633 ZOOM DIGITAL CAMERA
Focal Length
6mm
Aperture
f/4.8
Exposure
1/606.4281382656155s
ISO
80
Camera
KODAK EASYSHARE C633 ZOOM DIGITAL CAMERA
Focal Length
6mm
Aperture
f/4.8
Exposure
1/606.4281382656155s
ISO
80

Pertama kali saya bertemu Utha Likumahuwa pada tanggal 25 Mei 2007. Saat itu saya belum menjadi kolektor. Hanya satu cover kaset yang saya mintakan sign, Untuk Apa Lagi (1990). Malamnya, saya menonton pagelaran jazz di sebuah kampus. Suaranya tak berubah, soft but powerful.

Setelah saya memutuskan menjadi kolektor, saya memburu semua album karyanya. Karya yang sayang untuk tak didokumentasikan. Dan, pertemuan kedua dengan almarhum terjadi pada 17 November 2009. Saya agak kaget ketika tubuhnya tak segagah pada pertemuan pertama. Utha memang punya penyakit diabet.

Saat itu, cover kaset yang saya minta sign berjumlah sekitar 50 buah! Dengan sabar beliau menandatangani semua cover kaset. Tanpa mengeluh. Pertemuan kedua ini membuat saya semakin mengagumi kepribadiannya yang begitu membumi.

Pertemuan dengan Utha disertai percakapan hangat terjadi pada pertemuan ketiga dan terakhir, 3 Juni 2011. Selesai show, kami makan malam bersama dan terjadi obrolan yang sangat hangat sampai tak terasa waktu menunjukkan hampir subuh. Beberapa bulan setelah itu, Utha terserang stroke dan meninggalkan dunia musik Indonesia dengan warisan lagu-lagunya yang indah. Ia orang yang bersahaja dan di telinga saya selalu terngiang lirik lagu ……. “esok kan masih ada”. Mungkin, tulisan tangan di buku tamu saya memang diambil dari lagu itu?

yogyakarta, 29 Oktober 2012

Leave a Reply

