Fariz RM – Living In The Western World

Sebagai penggemar klub sepakbola Barcelona FC, saya merasa lagu Barcelona dari Fariz RM yang ada di album Living In The Western World (rilis 1989) bersenyawa dengan klub sepakbola ini. Tentu saja, isi lagu ini tak ada hubungannya dengan prestasi klub sepakbola, tapi paling tidak, gambaran kota Barcelona menjadi indah karena lirik yang ada di lagu itu:

     Gemerlap pesta kota
    Seolah getar Flamenco mengalun jiwa
    Kududuk terhanyut nuansa
    Disudut semarak Plaza Catalonia

Di saat album ini dirilis, lagu Barcelona tiap hari saya dengarkan di radio-radio. Tiada hari tanpa request dari pendengar terhadap lagu ini. Lagu yang kental dengan irama latin ini bercerita tentang cinta yang tertunda dengan seorang wanita di sana.

Di album ini, Barcelona adalah lagu yang menjadi hits sepanjang masa, bolehlah digelari “evergreen”. Tanyakan pada pendengar lagu Indonesia yang tumbuh pada jaman itu. Mereka hampir pasti mengamini nikmatnya mendengarkan lagu ini.

Apakah hanya Barcelona yang menjadi hits di album ini? Tidak. Ada Iman Dan Godaan dimana Dian Pramana Poetra hadir di lagu itu dengan Fariz RM.  Ada juga Sundown At Midnight, Lepas Kontrol (ciptaan Dorrie Kalmas) dan Kerinduan yang juga sering diputar di radio saat itu dimana salah satu barometer hits tidaknya sebuah lagu memang diukur dari seberapa sering sebuah lagu diputar di radio. Penyiar radio punya peran penting saat itu dalam membuat sebuah lagu menjadi hits atau tidak. Request pendengar radio dan taste penyiar radio memang memiliki peran penting saat itu.

Di album yang berisi sepuluh lagu ini, setengahnya menggunakan judul berbahasa Inggris. Buat seorang Fariz RM, penulisan lirik berbahasa Inggris bukanlah hal sulit. Dan yang lebih penting, lagu-lagu yang ada di hampir semua karya Fariz RM memang layak dengar, tidak murahan dan berkelas.

Tj Singo
Penikmat Musik Indonesia

Advertisements

2 thoughts on “Fariz RM – Living In The Western World

  1. Saya jadi penggemar Fariz RM lewat album ini, Fallin in Love dan Somewhere Around New Year’s Eve adalah lagu kesukaan saya selain Barcelona.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s