Kerispatih – Semakin Melekat Di Jiwa

seluruh karya Kerispatih

Bintang malam katakan padanya
Aku ingin melukis sinarmu di hatinya
Embun pagi sampaikan padanya
Biar ku dekap erat waktu dingin membelenggunya

Itulah penggalan lirik lagu Lagu Rindu Kerispatih. Lagu ini hampir tiap hari saya dengarkan ketika saya berada di warnet untuk aktivitas di dunia maya di tahun 2006. Waktu itu saya belum mengenal Kerispatih. Frekuensi mendengar lagu ini bikin saya jatuh cinta. Lagu ini tipenya sama dengan lagu band favorit saya, KLa Project. Lagu yang berisikan aroma romansa. Rasa penasaran itu harus saya bunuh dengan bertanya siapa yang membawakan lagu itu. Di kemudian hari, “kecurigaan” saya ternyata terbukti. KLa Project memang inspirasi buat Kerispatih.

Setelah tahu, saya langsung memburu albumnya. Album pertama Kerispatih, Kejujuran Hati (2005). Lagu Kejujuran Hati dan Cinta Putih juga membuai saya. Tak lama setelah mendengarkan album ini, muncul album kedua Kerispatih, Kenyataan Perasaan di tahun 2007. Album ini lebih membuat saya jatuh cinta karena saya mulai terbuai dengan Akhir Penantian, Mengenangmu, Untuk Pertama Kali, Tapi Bukan Aku dan Kita Dan Dunia. Kecintaan saya berlanjut pada album ketiga, Tak Lekang Oleh Waktu (2008) dengan lagu Bila Rasaku Ini Rasamu, Kesalahan Yang Sama, Demi Cinta, Tak Lekang Oleh Waktu dan Kusesali Untuk Dirimu. Di tahun inilah, saya pertama kali bertemu mereka pada acara Soundrenalin. Saya sudah menyiapkan diri bertemu mereka dengan membawa seluruh koleksi album mereka. Tanpa kesulitan yang berarti, saya merasa bangga bisa berfoto dengan mereka semua dalam satu frame.

Sudah menjadi kebiasaan saya ketika saya menyukai sebuah group/musisi, saya ingin memiliki semua karyanya. Saya juga mencari album kompilasi yang mengantar mereka menjadi group yang dikenal seperti sekarang, Gulalikustik (2004). Saya juga mendapatkan album Presiden SBY, Rinduku Padamu (2007).

Maka, tanpa menunggu perhitungan ekonomis berapa lagu yang akan menjadi hits, dan tanpa harus menunggu rekomendasi dari media yang saat itu mulai boom dengan acara musik yang menampilkan lagu-lagu bukan selera saya, saya membeli album keempat mereka, Semua Tentang Cinta (2009). Aku Harus Jujur, Selamanya Denganmu, dan Yang Terbaik dari album keempat sangat saya nikmati.

Perjalan sebuah group idealnya memang terdiri dari personil yang sama dari awal sampai akhir. Namun, yang ideal tak selalu faktual. Setelah rilis album keempat ada sedikit perubahan yang terjadi. Tapi, buat saya, karya lebih penting daripada personil sebuah band. Di tahun 2010, terjadi perubahan formasi Kerispatih. Dalam sebuah pertunjukan yang digelar stasiun televisi di Yogyakarta, mereka hanya berempat. Tapi, inilah awal kedekatan saya dengan mereka. Saya bisa bersama mereka dalam satu kendaraan menuju tempat pertunjukan. Saya pun berfoto bersama mereka dengan formasi itu. Sebuah kesempatan langka yang belum tentu bisa didapatkan semua orang!

Perjalanan Kerispatih tak berhenti. Mereka tak mati hanya dengan ditinggalkan salah satu personilnya. Mereka terus berjalan dan bangkit. Lewat audisi, mereka menemukan Fandy, jebolan Indonesian Idol, untuk menjadi cerita Kerispatih continues…. Terciptalah proyek album Kerispatih And Friends (2010) dimana lagu Tertatih dan Tetap Mengerti menjadi dua dari tiga lagu yang saya suka di album ini.

Saya tak peduli dengan pendapat orang tentang vokalis baru Kerispatih. Buat saya, mereka adalah orang-orang yang tinggal di zona nyaman. Mereka lupa, bahwa Kerispatih tak bisa dipisahkan dari Badai (keyboard), Arief (gitar), Dika (bass) dan Anton (drum). Dan sekarang, Kerispatih adalah Kerispatih bersama Fandy. Dan karya mereka tetap sama, melagukan cinta, menciptakan romansa dan bisa membuat kita merenungkan lirik-lirik karyanya dalam kehidupan masing-masing.

Kebersamaan dengan Fandy terus berlanjut. Sebuah bukti bahwa mereka tetap ada. Karya mereka tetap hebat dan melekat di jiwa bagi pendengar musik Indonesia. Dan, ungkapan “melekat di jiwa” yang saya kutip sebelumnya memang saya ambil dari album mereka berikutnya, Melekat Di Jiwa yang dirilis di tahun 2012, tepatnya bulan April. Bagaimana kisah di album ini? Semua sudah saya tuangkan di sini.

Tj Singo
Pengagum karya Kerispatih

4 thoughts on “Kerispatih – Semakin Melekat Di Jiwa

Leave a Reply

