Rieka Roslan – Rendezvous, pertemuan Rieka dengan musisi muda penuh daya

Nama Rieka Roslan tak bisa dilepaskan dari group The Groove. Sebuah group yang ikut mengubah peta trend musik Indonesia awal tahun 2000 dengan musiknya yang groovy dan soulful. Rieka Roslan adalah motor dan jiwa di group itu. Setelah menghasilkan tiga album, group itu merilis album The Best of The Groove tanpa Rieka  dan hasil penjualan album itu tak sehebat ketika Rieka ada di sana. Inilah bukti kekuatan seorang Rieka Roslan sebagai nyawa dan jiwa di group itu.

Selepas dari The Groove, produktivitas Rieka sebagai penulis lagu berlanjut pada album solo Mata Ketiga (2004), Bercerita (2005) dan Triangle of Love (2008) dalam group 5 Wanita (bersama Nina Tamam, Andien, Iga Mawarni dan Yuni Shara). Kini, Rieka is back. Dia menuangkan segala kreativitasnya dalam sebuah album Rendezvous.

The Album
Di album ini, Rieka tidak sendirian. Terdapat nama Jamaica Café, Angga (Maliq & D’Essentials), Emil Elestiano Dardak, Glenn Fredly, Nino (RAN), Iwan Abdie, Fakhrul Razi dan Candies. Selain Glenn, nama-nama yang ada tergolong musisi yang karirnya belum satu dekade tapi mereka menunjukkan kualitas yang bagus dan prospek menjanjikan. Inilah kejelian Rieka yang idealis dalam berkarya dan tak bersedia kompromi jika itu menyangkut karya. Di sinilah, a rendezvous (sebuah pertemuan) Rieka dan para musisi muda penuh daya.

Rieka adalah Rieka. Seperti yang diakuinya di pengantar album ini: “Aku memang berbeda, aku idealis, katanya… Tapi dengan keidealisan itu aku bertumbuh dan hidup. Hingga semua tahu siapa namaku…. Rieka Roslan.”

Rieka yang semakin menunjukkan kematangan dalam berkarya maupun kehidupan spiritual memang mementingkan karya yang bagus dan artistik dibanding harus bekerja sama dengan perusahaan rekaman yang biasanya punya peran sangat besar dalam memproduksi sebuah album. Keteguhan inilah yang mengantarkan Rieka berada di jalur kematangan. Baginya, karya bagus lebih penting karena dia percaya, rejeki yang mengalir adalah urusan Yang Maha Kuasa. Dan, jika ingin mengetahui jalan pikiran dan kata hati Rieka Roslan, album yang asli pantas dibeli karena di situlah bisa ditemukan banyak ungkapan filosofi seorang Rieka Roslan (kalau beli bajakan, mana bisa ditemukan cerita seperti ini???)

Lagu-lagu dalam album ini sangat terasa jazzy dan soulful. Lantunan lagu dari nama-nama baru yang mendukung album ini tak terdengar sebagai penyanyi yang baru belajar. Mereka menunjukkan kualitas. Pilihan Rieka Roslan pada penyanyi pendukung album ini tak lepas dari hubungan personal yang dia kenal betul kualitasnya. Sementara, di lagu yang dibawakan bersama Glenn Fredly, blending suara Glenn dan ciri karya Rieka bagaikan seduhan kopi yang pas campuran kopi dan gulanya. Di sana ada ciri Glenn Fredly, ada pula ciri Rieka Roslan.

Packacing & Distribution
Pilihan Rieka Roslan mempercayakan Platinum Records sebagai pemroduksi albumnya sejalan dengan idealismenya. Saat ini, Platinum Records adalah recording yang bisa mewadahi genre jazz yang diusung Rieka. Dan telah menjadi trademark bahwasanya Platinum selalu mengemas album yang diproduksinya secara mewah. Seimbang dengan harga yang harus dibayar pembeli.

Album ini didistribusikan lewat outlet Disctarra dan juga bisa dibeli secara online di http://www.disctarra.com. Dalam waktu dekat, album ini akan memasuki masa produksi kedua (penjualan saat ini sudah mencapai 5000 pieces) dan selanjutnya bisa dibeli di WartaJazz dan kesempatan off air ketika Rieka Roslan melakukan kegiatan off air (show). Cukup adil jika karya yang bagus ini bisa dibeli dengan cara yang mudah (online) karena outlet Disctarra biasanya hanya ada di kota level propinsi dan kota madya.

TJ Singo (@singolion)
Penikmat Musik Indonesia

catatan: review ini pernah dimuat di CD Review Kamar Musik, 16 Oktober 2012

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s