Adera – Lebih Indah

Adera - 2012 Lebih IndahBuah jatuh tak jauh dari pohonnya. Itulah sebuah peribahasa untuk menggambarkan anak mengerjakan seperti apa yang dikerjakan orangtuanya. Di dunia musik Indonesia, ada Gita Gutawa yang mewarisi Erwin Gutawa; Sherina Munaf yang berkarir mengikuti jejak ayahnya, Triawan Munaf; Kevin Aprilio yang mengikuti jejak ayahnya Addie MS. Dan kini, seorang penyanyi muda, Adera terjun di dunia musik Indonesia. Adera adalah anak Ebiet G Ade, penyanyi Indonesia yang terkenal dengan lagu-lagu baladanya.

Adera, yang bernama lengkap Aderaprabu Lantip Trengginas, merupakan anak kedua Ebiet G Ade dan Yayuk Sugianto yang juga penyanyi era 80-an. Ia dilahirkan pada 6 Januari 1986. Punya Hobi bermain musik, gadget & memasak dan menyukai biru sebagai warna favoritnya. Ia memilih sop buntut goreng sebagai makanan favoritnya.

Tapi, jangan membayangkan bahwa Adera membawakan lagu sebagaimana ayahnya. Adera tak menyanyikan lagu-lagu balada. Ia membawakan musik pop kekinian. Di bawah pengaruh Brian McKnight, Boyz II Men, & Glenn Fredly, ia kini berkarya dengan lagu-lagu yang langsung mengena di telinga pendengar musik Indonesia. Debut albumnya adalah Lebih Indah (2012). Sebelum merilis albumnya, Adera melempar singlenya secara bertahap. Mulai dari Lebih Indah, Terlambat, dan kemudian Melewatkanmu. Meskipun baru tiga single yang diperdengarkan di radio-radio, terbukti Adera sudah bisa diterima oleh khalayak.

The Album & The Songs
Album ini berisi delapan lagu yang semuanya bertema cinta. Seluruh lagu diciptakan oleh Abietyasakti, sang kakak, kecuali Melukis Bayangmu yang diciptakan bersama Andre Dinuth dan Aku Terkesima yang diciptakan bersama Adera.

  • Lagu yang terdapat di track pertama adalah Lebih Indah. Inilah single yang menandai karir Adera. Single ini merupakan lagu pertama yang diperkenalkan ke publik dan sekaligus menjadi judul albumnya. Lagu ini bercerita tentang titik balik dalam perjalanan manusia saat keluar dari kegelapan menuju hidup yang lebih indah (sumber: http://adera-online.com/diskografi/single-lebih-indah/#posts).
  • Melewatkanmu merupakan lagu berirama slow yang ada di track kedua pada album ini. Lagu ini merupakan single ketiga yang diperdengarkan di radio-radio. Seiring dengan beredarnya single ini, album pun dirilis. Lagu ini bercerita tentang sulitnya melupakan seseorang yang pernah singgah di kehidupan kita.
  • Meskipun berada di track ketiga di album, lagu Terlambat sebenarnya merupakan single kedua yang diperkenalkan ke pasar. Lagu ini termasuk lagu yang sering di-request di radio-radio. Lagu ini bercerita tentang sebuah penyesalan karena terlambat mengungkapkan isi hati yang berakibat hilangnya sebuah hubungan asmara. Bagaimanapun, setiap penyesalan harus selalu menjadi pengalaman berguna untuk mendapatkan yang terbaik.
  • Di urutan keempat ada lagu Melukis Bayangmu. Lagu berirama slow ini bercerita tentang cinta yang tak terengkuh dan ketidakmampuan melupakan orang yang pernah dicintai.
  • Menyusul di track kelima adalah Bahagia Bersamamu. Sebuah lagu dengan irama groove yang bercerita tentang kebahagiaan atas cinta yang datang dan menumbuhkan kembali luka yang pernah diderita.
  • Aku Terkesima berada di track keenam. Dari judulnya, sebenarnya bisa ditebak apa cerita lagu ini. Lagu yang berirama jazzy ini bercerita tentang daya pikat yang bisa membuat seseorang menjadi “takluk”.
  • Di track ketujuh, ada lagu Dengarkan Hatiku yang berirama slow. Lagu ini bercerita tentang ketidakberanian seseorang mengungkapkan isi hatinya meskipun dia sangat mencintainya.
  • Album ini ditutup Lebih Indah (Demo Version). Suasana akustik sangat terasa di versi ini.

Dengan dukungan Andre Dinuth sebagai music director dan gitaris yang banyak mengisi album-album penyanyi Indonesia; Echa Soemantri pada drum dan Adhitya Pratama pada bass, musik di album Adera ini menjadi sangat berkualitas. Lirik-lirik lagu di album ini sebenarnya sangat simple namun balutan musik yang dikerjakan secara bagus membuat lagu-lagu di album ini tak terkesan murahan dan mendayu-dayu.

Packaging & Distribution
Saya termasuk pembeli album Indonesia yang sangat pemilih dalam menilai kemasan sebuah album. Untuk saya, album yang dikemas dengan casing berbahan mika merupakan kemasan terbaik. Keping cakram yang tak tersentuh kertas menyebabkan cakram lebih awet untuk dikoleksi karena kemungkinan muncul goresan sangatlah kecil. Album yang dikemas dengan kertas selalu menyusahkan perawatan karena kertas mudah sobek dan bisa berubah bentuk (pipih).

Album ini dijual secara online lewat laman yang dimiliki Adera (http://adera-online.com/) dan juga distro rekanan (Smith). Diharapkan, album ini bisa segera dijual di outlet-outlet penjualan CD dimanapun mengingat dengan tiga single yang sudah beredar, Adera sudah mendapat perhatian dari pendengar musik Indonesia. Karyanya pantas dijadikan koleksi karena lagu dan musiknya bagus.

Tj Singo
Penikmat Musik Indonesia

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s