Soundrenalin 2013 Yogyakarta

Baru pertama kali saya menghadiri sebuah pesta musik besar yang bernama Soundrenalin setelah sebelumnya hanya mendengar namanya saja. Ini adalah sebuah pesta musik sungguhan. Penonton disuguhi banyak band dan tinggal memilih ingin nonton yang mana, layaknya berbelanja di sebuah supermarket.

Pesta musik yang didukung oleh perusahaan rokok A Mild ini diadakan di tanah lapang besar dan berisi tiga panggung ukuran super besar yang dinamakan Community Stage, Go Ahead Stage dan A Stage. Harga tiket yang hanya sebesar Rp 25.000,00 untuk begitu banyak band yang perform menjadi terasa sangat murah. Pembelian tiket menjadi sebuah apresiasi dan edukasi agar penonton tak hanya mau gratisan saja. Dengan tiket semurah itu, penonton bisa menyaksikan banyak musisi seperti Andra and The Backbone, /rif yang berkolaborasi dengan Ian Antono, BIP, Endank Soekamti, J-Rock bersama Nugie, Koil, Kotak dengan bintang tamu Ahmad Albar, Naif, Pas Band, Saint Loco, Shaggydog dan SID. Penampilan group-group rock ini sesuai dengan tema yang diusung kali ini: A Journey of Rock Harmony.

Pagelaran di Yogyakarta kali ini menjadi istimewa karena di sana ada tiga band besar yang tampil dalam format reuni: Dewa 19, Gigi dan Slank. Dewa tampil bersama Ari Lasso dan Tyo Nugros serta personil aktifnya saat ini: Ahmad Dhani, Agung, Andra dan Yuke. Sementara Gigi tampil bersama mantan personilnya Budhy Haryono dan Ronald pada drum, Opet pada bass dan Baron pada gitar serta personil aktifnya Armand Maulana, Dewa Budjana, Gusti Hendy, dan Thomas Ramdhan. Dan, Slank tampil dengan Bimbim, Kaka, Ivanka, Abdee dan Ridho bersama Bongky, Indra dan Pay sebagai mantan personil.

Regu keamanan bekerja sesuai prosedur dan mampu meminimalisasi penonton yang ingin masuk secara gratis. Mereka juga tak segan mengusir penonton yang tanpa identitas tertentu masuk ke area yang tak semestinya. Di balik disiplinnya keamanan, panitia memanjakan rekan-rekan media yang ingin bekerja dan memberi akses yang luar biasa serta konsumsi yang tak terbatas membuat rekan-rekan pers bisa bekerja dengan maksimal. Beruntung saya mendapatkan bantuan dari rekan Adib Hidayat berupa kartu identitas pers sehingga saya bisa mengabadikan aksi-aksi para musisi di panggung. Terima kasih juga untuk rekan Fariz GTJ yang sudah memberi pinjaman lensa kualitas super. Tanpa bantuan dari teman-teman, tak mungkin saya bisa menikmati pesta musik dan merekamnya menjadi gambar-gambar berkualitas.

Tj Singo

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s