KLa Project – Greatest Hits

KLa Project - 2013 Greatest Hits wm 2Beberapa jam sebelum Konser Satu Hati KLa Project di Yogyakarta, 8 Desember 2012, saya mendapat kesempatan ngobrol dengan Adi Adrian sang pemain kibor band favorit saya, KLa Project di suite room hotel tempatnya menginap sekaligus melakukan pertunjukan malam itu. Sungguh suatu kebahagiaan buat saya bisa berbicara secara pribadi di kamar hotel meskipun harus dilalui dengan terjebak di lift cukup lama yang mengantar saya ke lantai kamar itu.

Kami berbicara tentang musik Indonesia khususnya KLa Project dan rencananya di tahun 2013, yang merupakan usia 25 tahun KLa Project. Adi menegaskan perhitungan 25 tahun adalah usia KLa Project berkarya, terhitung sejak single pertama mereka, Tentang Kita, mulai dirilis di album 10 Bintang Nusantara. Perumusan ini menjadi ukuran usia KLa Project, bukan usia sejak awal mereka berdiri. Tulisan tentang pertemuan dengan Adi Adrian selengkapnya bisa dibaca di sini.

Yang jelas, grand plan mereka adalah mengulang sukses konser KLakustik di tahun 1996 yang dianggap sebagai konser yang sukses secara musical, bukan dari sisi penonton karena konser itu bukanlah konser komersil. Mereka akan mempersembahkan konser akustik lagi dan kali ini untuk umum! Setelah tahun 2013 berjalan, ternyata mereka tak hanya focus pada konser KLakustik yang akan digelar bulan November tahun ini, tapi juga mempersembahkan konser The Glamorous Electronic Journey tanggal 23 Agustus 2013 di Tennis Indoor Senayan. Tak hanya itu, mereka juga tampil pada 31 Agustus 2013 dengan tajuk Downtown Walk Festival di Summarecon Mal Bekasi. Rangkaian konser pada tanggal 23 & 31 Agustus itu boleh jadi merupakan “pemanasan” yang akan berujung pada konser besar KLakustik #2 pada bulan November nanti.

Tak hanya mempersembahkan konser KLakustik, KLa Project juga mempersembahkan karya-karya terbaiknya dalam bentuk Greatest Hits yang kemasannya dibuat sangat ekslusif, lain dari album kompilasi Best Of pada umumnya. Album yang dicetak terbatas menampilkan desain cover album juga dibuat secara eksklusif dengan menghadirkan tulisan Mesir kuno, hieroglif. tulisan hieroglif itu artinya adalah KLa Project.

Bagi KLa Project, ini merupakan album kompilasi karya-karya terbaik ketiga yang resmi setelah Dekade (1988) dan Best Of (2001). Ada tiga album kompilasi kumpulan terbaik yang tak resmi (tanpa restu oleh KLa Project) yaitu Best Collection (1991, Team Records), The Best Of (1993, Aquarius) dan Best Cuts dalam bentuk CD (1992, Team Records).

Album Greatest Hits yang berisi 24 lagu ini berisi beberapa lagu yang tidak dimasukkan di album kompilasi terbaik sebelumnya yang tak begitu “hot request” ketika mereka tampil di konser-konser mereka. KLa Project memang bukan group biasa. Saat memutuskan memilih lagu-lagu yang dimasukkan dalam sebuah album, mereka tak terpengaruh dengan “keinginan pasar” yang maunya mendengarkan lagu-lagu yang akrab di telinga. Bagi pendengar yang sangat akrab dengan KLa Project, lagu apa pun selalu asik untuk didengarkan. Dimasukkannya beberapa lagu yang tak ada di kompilasi terbaik sebelumnya terjadi karena setelah album terbaik terakhir (2001), KLa Project kemudian menelorkan album KLa Returns (2009) dan eXellentia (2010).

Lagu Yogyakarta dan Someday yang ada di Greatest Hits ini diambil dari album KLa Returns. Dari album eXellentia, tercuplik lagu Hidup Adalah Pilihan, Tak Ingin Kuberalih, dan Cinta (Bukan) Hanya Kata. Sedangkan lagu-lagu yang tak ada di kompilasi terbaik sebelumnya adalah Lagu Untuknya dan Takluk (dari album V, 1995), Pasir Putih dan Airline Crew dari album Pasir Putih (1992) serta Gonna Be Your Lover dari album Ungu (1994). Dimasukkannya kelima lagu dari album-album lama KLa Project menjadi sebuah penyegaran akan karya mereka yang juga layak didengarkan (lagi).

Lagu-lagu lain yang menghiasi album Greatest Hits ini dan sudah pernah dimunculkan di kompilasi terbaik sebelumnya merupakan kumpulan karya-karya dari album-album Pasir Putih (Tak Bisa Ke Lain Hati, Belahan Jiwa, dan Hey);  Ungu (Terpuruk Ku Disini, Satu Kayuh Berdua dan Hidup Seputarku); V (Meski Tlah Jauh, Romansa dan Bahagia Tanpamu); KLakustik #1 (Gerimis dan Tentang Kita);  KLakustik #2 (Semoga); Sintesa (Saujana dan Sudi Turun Ke Bumi). Selengkapnya tentang karya KLa Project silahkan click di sini.

Sebuah persembahan karya group yang berhak menyandang gelar legendaris karena usia berkaryanya yang sudah seperempat abad ini layak menjadi koleksi karena karya KLa Project memang tak pernah mati. Apalagi, album ini dicetak dalam jumlah terbatas. Dan, KLa Project bukanlah group yang suka mencari sensasi. Begitu memutuskan terbatas, saya yakin mereka akan menepati janjinya. Jadi, jangan berharap album edisi special dengan kemasan ekslusif ini akan dicetak berulang kali sebagaimana ketika mereka melahirkan album-album yang berbentuk kaset dan meraih angka penjualan jutaan keping. Dibandrol pada harga Rp 149.000,00 dan dijual di toko-toko kaset/CD, album ini memang sebanding dengan keindahan dan keabadian karya KLa Project. Dan, prologue yang terselip di kemasan album ini – ditulis oleh Tantowi Yahya – bisa memberi gambaran kecil namun padat tentang siapa KLa Project dan bagaimana perjalanan mereka.

Di balik “kesempurnaan” kado ulang tahun ke-25 KLa Project ini, terselip sebuah pertanyaan mengapa tak ditambahkan satu lagi lagu supaya jumlahnya sama dengan usia KLa Project? Mungkin ada baiknya lagu Salamku Sahabat dari album KLakustik #2 menjadi lagu ke-25 karena KLa Project selalu percaya bahwa KLanese yang selama ini selalu bersama mereka adalah sahabat terbaik buat Katon, Lilo & Adi.

Selamat ulang tahun ke-25 buat band idola saya. Bersamamu aku tumbuh dibungkus kata-kata indah penuh romansa.

Singo Tj
Pecinta Karya KLa Project

 

note: terima kasih untuk mas Seno M Hardjo atas album ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s