Java Jive – Teman Sehati

Java Jive - 2013 Teman Sehati wmTahun ini, genap 20 Tahun Java Jive, band yang lahir dan sampai sekarang konsisten berdomisili di Bandung, berkarya di dunia musik Indonesia. Band yang beranggotakan Capunk pada gitar, Dany (vocal), Edwin penggebuk drum, Fatur (vocal), Noey pembetot bass dan Tonny pemain kibor pada awal rekaman kini kembali berformasi sama setelah di album ketujuh (Stay Gold) posisi Tonny digantikan oleh Aria Prass. Sebelum memiliki album rekaman, ada Netta KD pada vokal dan Micko (Protonema) pada gitar di formasi mereka.

Rilisnya album ini merupakan bukti sebuah eksistensi mereka di tengah lesunya (parah?) penjualan album fisik musik di negara ini. Usia band mereka yang menunjukkan kekompakan dan eksistensi itulah yang kiranya membuat mereka berpikir untuk menghasilkan album, tak hanya single-single tanpa bukti fisik sebuah karya.

Band yang pertama melahirkan album Java Jive I di tahun 1993 dengan hits Kau Yang Terindah melanjutkan karyanya dengan album Java Jive II di tahun 1995. Lagu Gerangan Cinta menjadi super hits yang membuat lagu ini identik dengan Java Jive. Dua tahun berikutnya, mereka merilis Album 3 dengan hits Buah Hati. Perjalanan karya mereka berlanjut dengan album Java Jive IV di tahun 1999. Lagu Dia menjadi andalan di album ini. Di tahun 2003, mereka mengeluarkan album The Best Of. Ada satu lagu baru di sana yang berjudul Gadis Malam, yang aslinya dinyanyikan oleh Dany, vokalis mereka di album kompilasi Indolapan terbitan 1992. Kemudian di tahun 2006 mereka menelorkan album Java Jive 1993-2006. Ada empat lagu baru di sana yaitu, Cantik Tapi Menyakitkan, Yang Aku Cinta, Pagi Merah dan Selalu Untuk Selamanya, yang aslinya adalah lagu di solo album Fatur, Selalu Untuk Selamanya (1997). Perjalanan karya mereka berlanjut dengan album Stay Gold di tahun 2008 dan album terbaru mereka, Teman Sehati yang dirilis tahun ini sebagai album ke delapan.

Dengan kembalinya Tonny, kini Capunk, Dany, Edwin, Fatur dan Noey kembali mempersembahkan karya indah mereka yang dulu menghiasi musik Indonesia dengan hits-hits mereka. Java Jive is back!

The Album
Album Teman Sehati ini disebut sebagai album yang terbuka dan bersahabat. Munculnya album ini didahului oleh pemunculan empat buah singlenya, Teman Sehati, Hidup Ini Indah, Jujur dan Maha Penyayang dalam waktu satu setengah tahun. Single kelima yang berjudul Keliru menandai penerbitan album ini.

Album ini berisi 13 lagu. Selain kelima lagu tadi, tujuh lagu berasal dari album Stay Gold dan satu komposisi Prelude yang merupakan cuplikan musik beberapa lagu hits Java Jive. Jujur merupakan lagu ciptaan R.H. Bramantio W (Bram Moersas) yang mengisi album LCLR (Lomba Cipta Lagu Remaja) 1987. Lagu Maha Penyayang sebelumnya pernah masuk di album kompilasi Menuju Kemenangan Hati (2008), sebuah album indie oleh Noey. Lagu Keliru yang diciptakan oleh Capung dan Fatur pernah dibawakan oleh Ruth Sahanaya di album Kasih (1999). Lagu Teman Sehati dan Hidup Ini Indah merupakan cerita tentang kekuatan sebuah persahabatan. Saya menginterpretasi lagu ini sebagai gambaran hubungan persahabatan dan kekeluargaan yang terjadi di Java Jive.

Album ini disebut terbuka dan bersahabat karena penggarapannya melibatkan banyak musisi sahabat Java Jive seperti Aria Prass, Ivan Mary Jane, Ari Aru, Nida Carla yang belum pernah dilakukan Java Jive di album-album sebelumnya. Proses dan penggarapannya memakan waktu cukup lama karena kesibukan masing-masing personil. Selain itu mereka juga membuat strategi pelepasan singlenya secara bertahap untuk mengingatkan kembali pendengarnya akan eksistensi mereka di industri musik Indonesia selama 20 tahun.

Distribusi
Album ini merupakan album indie Java Jive setelah sebelumnya mereka terus bernaung di bawah Musica. Mereka memroduseri dan mendistribusikan sendiri album ini lewat penjualan langsung di Blacjack Jl Trunojoyo 28 Bandung atau bisa juga mengunjungi laman Java Jive Band di Facebook atau akun Twitter @javajiveband1 .

Tj Singo
Penikmat Musik Indonesia

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s