Yovie Widianto & his friends – Irreplaceable #Takkanterganti

Yovie Widianto & his friends - 2013 Irreplaceable wmBagi pendengar musik Indonesia, nama Yovie Widianto adalah sebuah jaminan karya. Siapa yang tak kenal dia dengan lagu-lagunya yang romantis dan sering diberi label “gue banget” oleh penikmat karyanya? Sejak awal karir professional dan besar bersama Kahitna, pernah membuat album bersama Indonesia 6 yang latin jazz sebelum merilis album pertama Kahitna, berkelana dengan menciptakan lagu-lagu hits untuk banyak penyanyi Indonesia, membuat “anak perusahaan” bernama Yovie & Nuno dan terakhir membentuk boyband berkualitas bagus, 5 Romeo, kini dia merayakan 30 tahun berkarya dengan mempersembahkan album Irreplaceable #Takkanterganti setelah sebelumnya mengadakan konser dengan tajuk yang sama tanggal 24 September 2013 di JCC Jakarta.

Album ini merupakan interpretasi ulang karya-karya Yovie Widianto dan dinyanyikan oleh penyanyi-penyanyi terkenal maupun baru. Karena merupakan lagu-lagu interpretasi ulang, pendengar sering membandingkan dengan lagu rilisan awal. Perbandingan itu tak penting karena Yovie Widianto sebagai “penghasil produk” tak pernah kehabisan ide untuk sebuah aransemen yang berbeda. Dia selalu menciptakan “suasana” baru sebuah lagu. Kreativitasnya tak pernah habis. Dan, lagu-lagu ini adalah interpretasi ulang oleh yang membawakannya. Jadi, sah-sah saja jika berbeda karena produk seni bersifat cair, bukan produk fabrikan (teknologi) yang memiliki rumus baku. Jika ada satu atau dua lagu yang tak nyaman didengarkan karena dibandingkan dengan rilisan awal, hal itu merupakan sesuatu yang wajar. Hasil karya seni adalah masalah selera.

Hampir seluruh lagu di album ini menampilkan aroma baru. Lagu-lagu yang sudah akrab bagi pendengar musik Indonesia tentu menjadi bahan pertimbangan untuk dimasukkan dalam album ini. Pilihan vokalis atau group untuk menyanyikan komposisi-komposisi ciptaan Yovie pasti sudah dipikirkan matang oleh Yovie yang memang jago “memoles” penyanyi untuk menghasilkan sebuah produk berkualitas.

The Album
Album yang diproduksi oleh Yovie Widianto Music Factory ini berisi sebelas lagu. Selain menyertakan penyanyi-penyanyi yang namanya sudah dikenal dan juga beberapa penyanyi baru, penggarapan album ini juga melibatkan banyak musisi. Yovie memang musisi idealis. Dia tahu siapa yang harus mengisi suara gitar, bas, kibor, drum dan lain-lain untuk sebuah lagu supaya menjadi komposisi yang sempurna. Yovie menggunakan grand piano untuk mengisi semua lagu di album ini. Tercatat nama-nama musisi Echa Soemantri & Gerry Herb pada drum, Reno Revano & Adrian Bramantyo pada bass, Bambang Purwono (Kahitna) pada kibor, Indra Prasetyo pada gitar, Didiet pada violin dan beberapa musisi lain -musisi yang terlibat di sini. Dody Is, bassist di Kahitna, menjadi vocal director hampir di semua lagu di album ini.

Di album ini, hanya ada satu lagu yang belum pernah dirilis sebelumnya, yaitu Cinta Kita Sama oleh Mario Ginanjar & Chewy Dilmy. Urutan lagu-lagu di album ini adalah:

  • Lagu Cantik yang dibawakan 5Romeo dulunya dibawakan oleh Kahitna di album II (1996). Kelima cowok ini menunjukkan kualitasnya sebagai group vocal cowok yang bukan boyband yang mengandalkan penampilan panggung dengan menari tanpa kualitas vokal yang memenuhi syarat. Tak ada perbedaan mencolok antara versi Kahitna dan 5Romeo.
  • Mantan Terindah dibawakan Raisa, seorang solois wanita yang sedang berada di puncak karir, dirilis tahun 2010 lewat album Kahitna, Lebih Dari Sekedar Cantik. Raisa membawakan lagu ini dengan suara desahan nafasnya yang khas sehingga romansa ballad tetap terasa. Tiupan flute juga membedakan dengan versi sebelumnya, menambah cantik lagu ini.
  • Together We Will Shine dulu dinyanyikan oleh Agnes Monica, KC Concepcion dari Filipina, Jaclyn Victor vokalis dari Malaysia, sebagai Official Theme Song for 26th SEA Games 2011 di Palembang. Di album ini dinyanyikan oleh Andien. Lagu ini adalah sebuah lagu yang menggugah semangat untuk meraih mimpi lewat kekuatan persatuan. Cocok untuk dijadikan lagu sebagai penggugah semangat pada pelatihan-pelatihan character building.
  • Kekasih Sejati dibawakan oleh Hedi Yunus. Lagu ini pertama dirilis di album Yovie Widianto, Kemenangan Hati (2007) dinyanyikan oleh Monita Tahalea (Monita Idol). Yang membedakan lagu ini dengan rilisan sebelumnya adalah suara akordion oleh Tiwi Shakuhachi dan flute oleh Dony Koeswinarno. Soal penjiwaan, jangan tanyakan. Hedi Yunus bukanlah penyanyi kemarin sore. Dengan pengalaman dan kematangannya di dunia musik, Hedi berhasil membawakan lagu ini dengan penjiwaan yang pas.
  • Andai Dia Tahu yang dinyanyikan group RAN yang saat ini berada di puncak karir dulunya dibawakan oleh Kahitna di album II (1996). Tak banyak perbedaan dengan versi sebelumnya. Ditunjuknya RAN untuk membawakan lagu ini menjadi sesuatu yang baru karena warna RAN yang soulful membuat lagu ini berisi hentakan yang disukai pendengar usia muda.
  • Suratku yang dulu dirilis di album solo Hedi Yunus, Suratku (1996) di album ini dibawakan oleh group Alexa. Lagu ini kehilangan romantismenya karena dibawakan dengan irama yang rancak. Butuh waktu beberapa saat untuk bisa menikmati lagu dengan gaya yang berbeda dengan versi aslinya.
  • Satu Mimpiku adalah lagu yang dulu melambungkan nama group asal Bandung, The Groove lewat album perdananya Kuingin (1999). Di album ini, Marcell membawakannya dengan irama yang lebih pop jazz dan segar.
  • Janji Di Atas Ingkar adalah lagu ciptaan Yovie yang melambungkan Audy lewat albumnya, Audy 18 di tahun 2002. Dengan dentingan piano klasik dari Yovie dan gesekan biola dari Didiet, Rio Febrian membawakannya dengan irama yang lebih rancak sejak tengah sampai akhir lagu ini tanpa mengurangi keindahan lagu ini.
  • Cinta Kita Sama merupakan satu-satunya lagu yang belum pernah dirilis sebelumnya. Dentingan piano di awal lagu yang menjadi ciri khas Yovie sebagai pengaruh dari David Foster, pujaannya, begitu terasa. Lagu ini dibawakan oleh Mario Ginanjar & Chewy Dilmy. Chewy Dilmy adalah vokalis grup Suddenly September yang kadang menjadi penyanyi latar di Yovie & Nuno.
  • Galau dulu dirilis di tahun 2012 sebagai lagu di album OST 5 Menara dibawakan oleh Yovie & Nuno. Inilah lagu terkahir Yovie & Nuno bersama vokalisnya Dudi Oris yang kemudian memilih bersolo karir. Di album ini, lagu ini dibawakan dengan manis oleh kelompok vokal wanita 3 Cinta yang nampaknya disiapkan oleh Yovie sebagai penyeimbang girl band yang hanya mengandalkan gerakan di atas panggung tanpa kualitas vokal yang bertanggung jawab. Kelompok ini terdiri dari Yunika, penyanyi yang pernah merilis album Kemana Dimana (1999), Marsya peserta Indonesian Idol musim keempat dan Intan, finalis Galau Cari Vokalis Yovie & Nuno.
  • Cinta Sudah Lewat yang menjadi hits Kahitna di album Cinta Sudah Lewat (2003) di album ini dibawakan oleh kelompok PHI, sebuah kelompok asal Yogyakarta. Meskipun dibawakan dengan lebih banyak beat, lagu ini tetap asik di telinga karena roh sebagai lagu ballad berhasil diinterpretasikan secara pas.

Rasanya sebelas lagu di album ini tidaklah cukup jika dibandingkan dengan karya Yovie Widianto yang jumlahnya sudah ratusan. Perlu lebih banyak lagu yang dimasukkan karena karya-karya Yovie Widianto memang karya yang evergreen dan tak lekang oleh waktu serta takkan terganti (Irreplaceable) sebagaimana pemilihan judul album ini.

The Packaging & Distribution
Jika ada sesuatu yang kurang di mata saya, itu adalah kemasan. Hanya berbalut kertas tipis yang mudah koyak menjadikan album yang patut dikoleksi ini rentan terhadap kerusakan. Apalagi, album ini adalah album spesial dalam rangka 30 tahun Yovie Widianto berkarya.

Semoga penjualan album lewat gerai restoran ayam goreng cepat saji ini dijual dengan obyektif oleh para garda depan restoran itu sehingga angka penjualan yang tercatat merupakan angka nyata. Dan, harapan lain adalah setelah bulan tertentu, album bagus ini bisa pula dijual di toko-toko CD/kaset agar sebaran toko yang menyentuh level kecamatan atau kabupaten yang tak dihampiri oleh gerai restoran ini, bisa pula membuat penggemar karya-karya Yovie ikut memilikinya.

Tj Singo
Penikmat Musik Indonesia

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s