d’cinnamons – Aroma Sedap Kayu Manis

Alunan lagu Selamanya Cinta ciptaan Dorrie Kalmas yang saya kenal disuarakan oleh Yana Julio – dirilis tahun 1995 – menarik pendengaran saya ketika dibawakan oleh penyanyi lain yang akhirnya saya ketahui mereka adalah band d’cinnamons. Saya jatuh cinta pada band d’cinnamons, sebuah band asal Bandung beranggotakan Bona, Dodo dan Nana yang membawakan musik secara akustik dan sampai sekarang tetap bermain akustik. Suara sang vokalis, Dodo, yang begitu khas sangat memudahkan saya mengingat band ini.

Setelah sekian lama memasukkan karya mereka dalam koleksi album musik Indonesia, baru hari ini, tepat di hari Pahlawan 2013, saya bertemu mereka. Tentu saja, menemui dan meminta sign di karya musisi yang menjadi ritual buat saya selalu menimbulkan kesenangan serta kebahagiaan karena saya bisa bertanya tentang karya mereka secara langsung meskipun sebenarnya di jaman internet seperti sekarang ini, mencari informasi tentang sebuah band atau musisi bukanlah hal sulit.

Sambil menunggu mereka selesai melakukan sound check di gedung Taman Budaya Yogyakarta, saya menikmati setiap lagu yang mereka mainkan. Tadinya saya berharap bisa mendengarkan lagu yang membuat saya jatuh cinta pada mereka tapi itu tak terjadi. Mungkin karena saya datang terlambat. Namun setidaknya, saya bisa melihat bagaimana mereka mempertunjukkan kemampuan mereka memainkan alat-alat musik dan bernyanyi tanpa rekayasa teknologi.

Beberapa menit sebelum pukul 5 sore, mereka telah selesai. Beberapa teman (atau fans?) mereka merangsek menuju panggung dan terjadilah percakapan serta senda gurau. Setelah mereka selesai berfoto, barulah saya menyapa mereka, meminta sign di karya mereka, album Good Morning dan OST Cintapuccino (2007). Pertemuan ini tak mungkin terjadi tanpa bantuan Eric, sang road manager. Dua cover CD Good Morning & OST Cintapuccino serta satu cover kaset OST Cintapuccino bukanlah karya mereka seluruhnya. Saya tak memiliki sampul karya mereka Damai Tapi Gersang dan Galih Dan Ratna karena karya itu tak ada bentuk fisiknya. Pun pula album mereka Atlantis yang dirilis tahun 2012 dan hanya tersedia karya digital di i-Tunes.

Dari setiap pertemuan dan percakapan, selalu ada yang baru yang saya tahu. Yang menarik adalah lagu Damai Tapi Gersang karya almarhum Ajie Bandi karena lagu ini terkenal ketika mereka belum lahir. Lagu ini mereka bawakan sebagai proyek ulang tahun label mereka, Aquarius. Dari pertemuan ini pula saya jadi tau pemain bass sebelumnya sekarang telah memilih bekerja sebagai orang di belakang layar di dunia periklanan.

Pertemuan dan percakapan singkat yang tak sampai sepuluh menit ini terasa lama karena mereka begitu hangat dan sangat welcome pada kehadiran saya di sana. Saya menikmati pertemuan ini meskipun hawa panas sedikit mengganggu. Mudah-mudahan di lain waktu, ada saat pertemuan yang lebih lama sehingga saya bisa menggali lebih banyak tentang mereka dan karya-karyanya. Semoga lain kali saya bisa menulis A Cup Of Tea di sini bukan berdiri seperti tadi. Mungkin sambil menikmati minuman c(int)apuccino beraroma kayu manis (cinnamon) yang mereka pilih sebagai nama karena musiknya yang “harum” dan mendengarkan lagu-lagu mereka yang akustik dan “audiophile”.

Tj Singo
Penikmat Musik Indonesia

Singo & d'cinnamons 01b res

Leave a Reply

