Imaji – Antara Krakatau dan Shena Malsiana

picture imaji for blog 2 res

Shena Malsiana-X Factor sourceShena Malsiana buat saya adalah juara talent search X-Factor (cie…cie…..). Penampilan Shena di X-Factor yang selalu bisa membawakan lagu dengan versi beda dengan versi asli merupakan indikasi dia penyanyi yang lentur. Ditambah, ia sering membawakan lagu dengan suara yang jazzy, yang buat saya sangat nyaman didengarkan. Inilah esensi yang diharapkan dari sebuah ajang pencarian bakat: mencari penyanyi yang benar-benar bisa berimprovisasi dan berkreasi.

Selepas X-Factor, ada sebuah album kompilasi X-Factor dimana Shena mengisi album itu dengan lagu ‘Maafkan Aku’ ciptaan Aldi Nada Permana. Nuansa lagu ini sangat pop dan ringan. Bagi penyuka lagu pop dan pecinta lagu galau, lagu ini bolehlah masuk play list mereka. Yang lebih menarik buat saya adalah lagu ‘Imaji’ yang dibawakan Shena sebagai single dan nantinya menjadi bagian dari sebuah album interpretasi ulang lagu-lagu yang pernah hits. Yang penting sekarang, menikmati single ‘Imaji’ yang merupakan ciptaan Dwiki Dharmawan dan lirik ditulis oleh Mira Lesmana.

Sebagai seorang Krakatau-freak, saya mencoba mencari apa yang menarik dari Imaji yang dibawakan Shena mengingat image lagu ini adalah Krakatau dan Trie Utami. Berkali-kali mendengarkan lagunya, saya mendapatkan lagu yang penggarapannya diserahkan kepada Badai Kerispatih adalah ‘Imaji’ versi kekinian. Saya tak bisa mengatakan mana yang lebih bagus. Ibarat sebuah makanan yang sama tapi diolah oleh dua koki, masing-masing punya rasa sendiri.

‘Imaji’ versi Krakatau, yang begitu melekat di benak saya, adalah ‘Imaji’ yang fusion jazz. Bagi mereka yang tak menyukai jazz, musiknya bisa jadi terasa rumit. Tapi tidak begitu buat saya yang belajar mendengarkan jazz dari Krakatau. ‘Imaji’ versi asli diolah oleh Dwiki Dharmawan, Donny Suhendra, Gilang Ramadhan, Indra Lesmana, Pra B Dharma dan Trie Utami sebagai pramusaji yang dengan keramahannya membuat penyantap merasa makin nyaman dengan makanan itu. Sementara ‘Imaji’ versi Shena adalah sebuah sajian baru, bak sebuah krupuk baru, ia begitu crunchy. Tanpa kehilangan esensi yang terlahir sebagai komposisi jazz, versi baru ini lebih groovy dan easy listening.

Badai sebagai arranger dan memainkan kibor dan synthesizer dibantu oleh Ronny Koten (drum), Lucky Barus (gitar), Choky Cassandra (bass) dan Arie Kurniawan pada saxophone. Shena adalah Trie Utami pada versi asli. Masakan yang sudah diolah disajikannya dengan gaya kekinian yang membuat saya harus melupakan masa lalu dan menyesuaikan dengan kondisi saat ini. Musik terus berubah. Begitu pula pendengar musik yang dulu akrab dengan lagu ini. Harus bisa merasakan yang baru biar tak seperti katak dalam tempurung.

Yang sangat terasa pada ‘Imaji’ versi baru ini adalah tiupan saxophone Arie yang juga bergabung dengan KLa Project sebagai additional saxophonist. Musisi-musisi lain yang diajak Badai menggarap lagu ini sudah sering bermain bersamanya sebagai session player. Menurut saya, tantangan Shena sebenarnya cukup berat mengingat lagu-lagu yang dibawakan oleh Krakatau atau Trie Utami memiliki karakter yang kuat. Dan, lagu ini begitu popular di tahun 1987, saat Shena belum lahir. Mungkin juga pada saat itu, orangtua Shena masih belum pacaran? J

Shena yang mendengarkan versi aslinya agar tidak kehilangan orisinalitas lagunya berhasil membuat lagu ini beda dengan versi aslinya. Selain tantangan, Shena diuntungkan oleh lagu ini karena membuat pendengar musik yang akrab dengan Krakatau menjadi penasaran untuk ikut mendengarkan versi barunya.

Jika Badai sebagai arranger, Dwiki Dharmawan sebagai pencipta lagu, serta pihak label semua merasa puas dengan lagu ‘Imaji’ versi baru ini, apa lagi yang harus saya katakan? Shena sebagai penyanyi pasti merasakan hal yang sama karena ia telah menaklukkan ‘imaji’ yang begitu melekat pada Krakatau (dan Trie Utami) dan menjadikan lagu ini sebuah ‘reinkarnasi’ yang hidup pada masa kini. Saya suka ‘Imaji’ versi Krakatau dan Shena Malsiana!

Tj Singo
Pengagum Krakatau

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s