KLa Project – ReinKLanasi Before The Show

reinklanasi 4 ed linkSetiap kali KLa Project manggung di Yogya, frasa pertama yang langsung muncul di benak adalah “pulang ke kotamu”, 3 kata cuplikan lirik lagu ‘Yogyakarta’ yang menempatkan band ini sebagai super group dan menjadikan lagu itu sebagai branding dan trademark mereka.

Setiap kali manggung di kota ini, penonton selalu penuh. Meski tak sesering tampil di kota lain, Yogya memang punya tempat dan kesan tersendiri bagi para personil KLa Project: Katon Bagaskara, Lilo Romulo & Adi Adrian. Karena lagu yang inspirasinya dari kota ini, mereka mendapat berbagai penghargaan. Salah satunya dari Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat,  Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Video clip lagu ‘Yogyakarta’ dibuat di kota ini dan menjadikan lokasi-lokasi shooting tersebut sebuah tempat bersejarah yang di-napaktilas-i oleh KLanese Yogyakarta (Jogjaklanese) sebagai bentuk kekaguman dan kegilaan para fans terhadap karya-karya group ini. Mereka bahkan menyebut karya-karya KLa Project sebagai mahakarya.

Tentu ‘Yogyakarta’ bukanlah satu-satunya lagu yang membuat KLa Project menegak minuman yang bernama ketenaran. Banyak karya-karya lain yang melekat di hati yang membuat penonton pertunjukan mereka selalu ikut dan tak berhenti bernyanyi. Sebut saja ‘Waktu Tersisa’, ‘Tentang Kita’, ‘Lagu Baru’, ‘Semoga’, ‘Tak Bisa Ke Lain Hati’, ‘Belahan Jiwa’, ‘Terpuruk Ku Di Sini’, ‘Satu Kayuh Berdua’, ‘Romansa’, ‘Bahagia Tanpamu’, ‘Meski Tlah Jauh’, ‘Gerimis’, ‘Saujana’, ‘Menjemput Impian’, ‘Prahara’, ‘Prasangka’, ‘Kidung Mesra’, ‘Cinta (Bukan) Hanya Kata’ dan ‘Hidup Adalah Pilihan’.

Tentu, kalau sekedar bernyanyi, orang bisa saja memutar lagu mereka atau video clip dan karaoke yang resminya cuma ada di VCD atau DVD KLakustik lalu ikut bernyanyi. Menonton pertunjukan KLa Project secara langsung memberikan sensasi yang berbeda. Di sana ada interaksi, menyaksikan secara langsung bukan musisi jalanan mulai beraksi. Dan yang selalu menarik adalah melihat  dan menikmati bagaimana mereka menunjukkan kemampuan alias skill bermain musik secara langsung.

Yang tak kalah asik adalah sajian aransemen mereka yang selalu beda! Pernah dalam seminggu, KLa Project manggung di Yogya sebanyak tiga kali, semuanya untuk keperluan company gathering. Saya hadir di kedua pertunjukan itu. Dan di kedua pertunjukan itu ada perbedaan aransemen. Ini menunjukkan KLa Project bukan musisi rekaman yang karyanya hanya bagus dalam bentuk fisik album. Mereka juga piawai dalam pertunjukan panggung. 26 tahun mereka berkarya adalah bukti nyata bahwa mereka memang punya kelas. Tak usah heran ketika banyak group atau musisi Indonesia yang juga nge-fans mereka. Apalagi pendengar musik Indonesia.

So, apa yang akan mereka tunjukkan pada show ReinKLanasi di Yogyakarta yang dipromotori oleh Khawani-ka Indonesia tepat pada hari kasih sayang tahun ini? Entahlah. Meskipun saya kenal mereka, mereka tak pernah membocorkan rahasia apa yang akan mereka bawakan di panggung. Biarlah itu tetap menjadi ‘Sebuah Rahasia’.

Sekarang, saya sedang membayangkan berada di gedung pertunjukan dan berdendang bersama ribuan orang yang datang di sana. Lagu-lagunya? Bisa saja seperti yang disebutkan di atas, bisa juga ada tambahan yang lain.

Aransemennya? Tak tau juga. Bisa saja ketika membawakan ‘Lagu Baru’ mereka akan berimprovisasi dan “mempermainkan” lagu itu secara akustik, ska, dangdut, reggae, jazz atau blues. Yang jelas tak mungkin secara acapella karena di panggung itu pasti ada tiga jenderal, sebutan KLanese untuk mereka, yang tak mungkin tak memainkan alat musiknya: Katon pada vocal dan gitar, Lilo juga pada gitar dan Adi pada kibor ditambah pemain drum, bass dan mungkin juga saksophone bila ada.

Yang jelas, pasti pertunjukan ini bisa mengobati rasa kecewa mereka yang tak menyaksikan konser GrandKLakustik yang sukses pada 26 November 2013 yang lalu.

Semoga …….

Tj Singo
Pengagum Berat KLa Project

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s