Kerispatih – The Best Of

Kerispatih - 2013 The Best Of wmSeperti menjadi sebuah tradisi, sebuah group band atau penyanyi solo yang sudah menghasilkan tiga atau empat album kemudian membuat kompilasi kumpulan lagu-lagu mereka dalam satu album yang disebut Best Of atau Kumpulan Terbaik.

Lagu-lagu yang tersusun di album itu belum tentu lagu yang terbaik. Kadang berisi lagu yang paling laku (komersil) atau most requested  dan bahkan mungkin lagu-lagu tersebut hanya memperhitungkan kapasitas cakram atau kaset. Yang juga mungkin terjadi adalah, pembuatan album semacam ini kadang tidak melibatkan artis dan manajemennya. Artinya, label yang punya inisiatif dan tiba-tiba nongol album terbaik seperti ini dan artis pun tak bisa apa-apa karena master dimiliki oleh sang label.

Kerispatih, sebuah band yang lagu-lagunya banyak disebut pendengar musik Indonesia sebagai lagu romantika telah menelorkan lima album yakni Kejujuran Hati (2005), Kenyataan Perasaan (2007), Tak Lekang Oleh Waktu (2008), Semua Tentang Cinta (2009), dan Melekat Di Jiwa (2011) ditambah satu album kompilasi dengan tajuk Kerispatih & Friends di tahun 2010.

Dengan sekian banyak hits yang dihasilkan, pantaslah Kerispatih yang beranggotakan Badai pada kibor, Arief pada gitar, Andika pada bass, Anton pada drum dan Fandy pada vokal merilis album kompilasi kumpulan terbaiknya. Album ini berisi 12 lagu yang semuanya merupakan lagu dengan vokalis lama mereka, Sammy Simorangkir.

The Songs
Keduabelas lagu yang ada di album ini memang lagu-lagu yang melambungkan nama Kerispatih di dunia musik Indonesia. Sebagaimana sebuah kamus yang meskipun ditulis terlengkap, kamus tersebut pasti tak luput dari kekurangan. Pasti ada entry yang tak masuk. Demikian juga album ini.

Lagu-lagu yang ada di kompilasi ini adalah: Aku Harus Jujur dari album Semua Tentang Cinta; Demi Cinta dari Tak Lekang Oleh Waktu; Tapi Bukan Aku dari Kenyataan Perasaan; Kejujuran Hati dari album Kejujuran Hati; Kesalahan Yang Sama dari Tak Lekang Oleh Waktu; Mengenangmu dan Sepanjang Usia dari Kenyataan Perasaan; Cinta Putih dari Kejujuran Hati; Tak Lekang Oleh Waktu dari album yang sama dengan judul lagu itu; Untuk Pertama Kali dari Kenyataan Perasaan; Lagu Rindu dari Kejujuran Hati dan Bila Rasaku Ini Rasamu dari Tak Lekang Oleh Waktu.

Sayang, album kompilasi ini tak menyertakan lagu-lagu yang sudah dinyanyikan oleh vokalis mereka saat ini, Fandy Santoso. Padahal, di album Kerispatih & Friends, ada lagu Tertatih yang bagus. Dan, lagu-lagu di album Melekat Di Jiwa dimana seluruh lagu sudah dinyanyikan oleh Fandy juga tak satupun masuk di album ini. Padahal lagu di album itu seperti Melekat Di Jiwa, Lihat Hatiku, atau Sudah Jalan Kita juga tak kalah cantik yang sudah membangun image Fandy sebagai vokalis Kerispatih.

Jika alasan tak memasukkan lagu-lagu yang dinyanyikan oleh Fandy adalah durasi cakram, rasanya tak pas. Album yang berdurasi 54 menit 30 detik ini jika ditambah dua sampai tiga lagu hanya menambah durasi paling banyak 12 menit. Masih cukup untuk satu cakram. Lagipula, selama ini album-album Kerispatih selalu berisi 12 lagu dan pada album terakhir mereka malah berisi 14 lagu. Mestinya album The Best Of ini pantas berisi lebih dari 12 lagu.

Saya merasa, album ini diterbitkan sepihak oleh label tanpa melibatkan Kerispatih. Nagaswara sebagai penerbit album ini seharusnya memikirkan perjalanan Kerispatih yang sekarang bersama Fandy. Dengan memasukkan lagu yang dinyanyikan oleh Fandy, image Kerispatih yang sekarang akan lebih tertanam untuk pendengar Kerispatih.

Anyway, paling tidak, album ini pantas dibeli oleh mereka yang katanya mengagumi Kerispatih namun selama ini tak memiliki album aslinya. Daripada cuma illegal download, membeli Best Of tetap lebih baik, bukan?

Kemasan Dan Distribusi
Album kompilasi ini tersedia dalam bentuk kaset dan CD. Bentuk CD dikemas secara klasik dengan menggunakan casing mika sehingga tidak mudah rusak. Distribusinya menyebar ke seluruh outlet penjual kaset dan CD baik toko berjaringan maupun tradisional sehingga sangat mudah memperolehnya.

Tj Singo

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s