Sheila on 7 di One Million Dreams Concert

“Om Duta…… Om Duta….. Om Duta…….”

Begitu teriakan beberapa penonton ABG yang dari wajahnya terdeteksi masih duduk di bangku SMA ketika menyaksikan penampilan Sheila on 7 di acara One Million Dreams Concert hari Minggu, 9 Maret 2014 yang lalu. Janggal rasanya Duta vokalis Sheila on 7 dipanggil “om”. Mestinya kan dipanggil mas atau nama saja. Bukankah fans mereka kebanyakan seusia atau beberapa tahun lebih muda dari para anggota band ini?

Ooooh, setelah dipikir-pikir, ternyata anak-anak SMA ini juga “terperosok” menjadi fans sebuah band yang sudah berusia 18 tahun, seusia umur mereka atau bahkan mereka belum lahir pada saat band ini mulai menancapkan namanya di dunia musik Indonesia?

Penampilan So7  hari Minggu lalu menjadi penutup di acara yang diadakan oleh Telkomsel, sebuah perusahaan telekomunikasi seluler terbesar di Indonesia dalam rangka launching produk barunya, Loop. Ini adalah produk yang ditujukan untuk para pengguna data internet.

Dijadwalkan tampil pukul 20.00, mereka sudah ditunggu penggemarnya sejak sore. Beberapa bahkan rela berdiri menunggu di barisan terdepan paling dekat dengan panggung bahkan saat band-band lain sebelum So7 naik panggung. Tempat pelaksanaan acara yang siang hari nampak adem ayem, sore itu mulai penuh setelah acara dihentikan untuk sholat Magrib.

Beberapa menit setelah pukul 20.00, keempat personil So7 langsung menggetarkan panggung dengan lagu Bertahan Di Sana dari album The Very Best Of Sheila On 7: Jalan Terus (2005). Penonton tak terbendung ikut bernyanyi sambil melompat-lompat mengikuti sang vokalis di panggung. Berlanjut dengan lagu dari album pertama mereka, Sheila on 7 tahun 1999,  J.A.P alias Jadikanlah Aku Pacarmu penonton yang semakin panas terus melompat-lompat dan membuat lantai gedung pertunjukan bergetar.

Setelah lagu kedua, Duta menyapa para Sheila Gank yang hadir malam itu. Semua menyambut sapaannya dengan antusias. Kemudian Duta melanjutkan pertunjukan malam itu dengan Seberapa Pantas dari album 07 Des (2002). Berlanjut ke Pemuja Rahasia dan Itu Aku dari album Pejantan Tangguh, 2004. Penonton tak henti-hentinya melakukan karaoke massal seolah tenaga mereka tak habis. Apalagi pada bagian refren Itu Aku. Tanpa dikomando mereka bernyanyi dengan lantang.

Sejenak Duta mengajak para penonton untuk kembali ke langkah awal So7 memulai karirnya. Duta langsung menyanyikan Kita dari album pertama mereka. Kemudian melompat ke album terakhir mereka yang dirilis tahun 2011, Duta menyanyikan Hujan Turun. Selepas lagu ini, Duta memperkenalkan lagu yang akan dibawakan berikutnya adalah lagu yang akan ada di album mereka yang akan dirilis, Musim Yang Baik.

Pertunjukan berlanjut dengan lagu Mudah Saja dari album Menentukan Arah (2008). Lagu bernada pelan ini juga dilahap para penonton yang terus ikut bernyanyi sejak awal. Kemudian Duta melagukan Hari Bersamanya dari album Berlayar dan dilanjutkan dengan sebuah lagu rancak dari album OST 30 Hari Mencari Cinta (2003), Melompat Lebih Tinggi. Lagu ini semakin membuat lantai tempat pertunjukan semakin bergetar dan sedikit menakutkan. Pertunjukan ini sedianya ditutup dengan lagu Berhenti Berharap dari album yang sama dengan lagu sebelumnya.

Ternyata, lagu terakhir tadi tak membuat penonton beranjak dari tempatnya. Mereka meminta lagu tambahan dan menunggu Adam sang bassist, Brian sang drummer, Duta sang vokalis dan Eross sang gitaris, pencipta banyak lagu So7, keluar lagi dari belakang panggung. Teriakan dan kesabaran mereka menunggu akhirnya dibayar oleh keempat orang itu dengan membawakan Jalan Terus dari album yang sama dengan lagu pembuka di pertunjukan ini.

Mau tak mau, setelah lagu tambahan tadi, penonton harus rela melihat idolanya turun dari panggung. Pertunjukan dibuka dengan lagu Bertahan Di Sana dan ditutup dengan Jalan Terus dari album The Very Best Of Sheila On 7: Jalan Terus. Seolah ini sebuah kisah dari So7 yang tetap bertahan di dunia musik Indonesia dan tetap jalan terus dengan berhasil melakukan regenerasi penggemarnya. Penggemar yang mengikuti mereka sejak awal, kini sudah berumah tangga. Lalu, tumbuh pula penggemar baru, masih muda belia, masih remaja, yang usianya berkisar ketika anggota So7 baru memulai karirnya.

Maka, tak usah heran jika para penggemar muda tadi berteriak dan memanggil Duta dengan sebutan “om”. Tak perlu merasa tua untuk sebuah keberhasilan regenerasi karena tak banyak musisi atau band yang berhasil seperti itu. Apalah arti sebuah sebutan yang terkesan tua jika terbayar oleh kesuksesan menambah penggemar baru, bukan?

Tj Singo

Advertisements

One thought on “Sheila on 7 di One Million Dreams Concert

  1. [INFO] SHEILA ON 7 bersama /RIF akan tampil di acara Konser “radjasephia” di Istora Senayan, Jakarta pada hari JUMAT tanggal 19 SEPTEMBER 2014 jam 19.00 WIB, lagu-lagu yang akan dibawakan dalam Konser tersebut adalah lagu-lagu yang HITS di pada era akhir tahun 90an dan awal tahun 2000

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s