Badai – Love Life Woman

Badai - 2014 Love Life Woman cover wmDi setiap band, pasti ada hits maker, pencipta lagu yang menjadikan band tersebut dikenal karyanya. Bisa saja hits maker itu vokalis, pemain drum, gitaris, bassist atau pemain kibor. Di antara sekian banyak pemain kibor yang menjadi hits maker di industri musik Indonesia adalah Doadibadai Hollo atau lebih dikenal dengan nama Badai Kerispatih.

Badai merupakan nahkoda band Kerispatih. Dari 66 lagu yang ada di seluruh album Kerispatih sampai saat ini, hanya tiga lagu yang tidak diciptakan oleh Badai yaitu Kusesali Untuk Dirimu dan Kawan (album Tak Lekang Oleh Waktu) serta Cinta Putih (album Kejujuran Hati).

Angka di atas ditambah banyak lagu yang diciptakan untuk penyanyi lain jelas menempatkan Badai sebagai pencipta lagu yang produktif dalam perjalanannya sebagai musisi sejak 2004 Kerispatih berkarya lewat album kompilasi Gulalikustik.

Lagu-lagu Kerispatih yang sebagian besar bertema tentang cinta dan romantikanya dimana banyak juga yang bercerita tentang kepedihan bercinta membuat Badai disebut sebagai “galau maker”. Dan sebagai seorang pencipta lagu yang produktif, tak sulit buat Badai untuk sejenak menghasilkan karya yang dirangkumnya dalam sebuah album solo yang berbeda dengan apa yang biasa dia buat untuk Kerispatih.

Perannya di Kerispatih lebih sebagai pencipta dan penggubah lagu. Dia bukan vokalis meskipun pernah mengambil alih peran tersebut di penampilan panggung Kerispatih ketika Sammy, sang vokalis sejak album kompilasi Gulalikustik, Kejujuran Hati sampai Semua Tentang Cinta, keluar dari band ini. Namun kemudian, Badai mulai mencoba membawakan lagu Kerispatih. Suaranya juga bisa didengarkan di lagu Selalu Setia Untuknya dan Mengalahkan Hati di album Melekat Di Jiwa (2012).

Di album solo yang diberi tajuk Love Life Woman karena tiga hal ini menjadi inspirasi dalam berkarya, Badai dibantu oleh Satria Ramadhan pada gitar, Samuel “Brewok” Sutrisno pada bass dan Jeffry Marthen pada drum, Badai memainkan kibor sekaligus menyanyikan sendiri lagu-lagunya.

Album ini sudah dirancang sejak tahun 2012. Waktu itu, dia berencana merilis album ini di 2013 namun baru tahun ini rencana itu terealisasi. Saat itu, dia sempat mengeluarkan single Mengulang Waktu dan Langsung Jatuh Cinta yang sudah diputar di radio-radio. Sebagai seorang “galau maker” lagu-lagunya tak jauh dari tema cinta. Tapi, musik di album ini tak sama seperti di album Kerispatih.

Sebagai seorang yang kreatif, Badai sanggup menyimpan pakem Kerispatih yang biasa dia buat agar ada pembedaan antara karir solonya dengan karir bersama groupnya. Dia meramu musik di album ini dengan sentuhan alternative pop rock yang lebih terasa. Album solo yang merupakan kebebasan pribadi ini menjadi pengejahwantaan band-band yang selama ini memberi pengaruh pada perjalanan musiknya seperti. Dr. PM, /rif, KLa Project, Wong dan Gallery.

 

The Songs
Love Live Woman merupakan tiga hal yang tak ada habisnya sebagai inspirasi bagi Badai dalam berkarya. Ketiga kata itu pula yang menjadi tema pada sebelas lagu di album ini.

• Di urutan pertama ada lagu Langsung Jatuh Cinta. Di tahun 2012 ketika Badai menyiapkan album solo ini, lagu ini dirilis sebagai single. Berbeda dengan versi sebelumnya, di album ini lagu Langsung Jatuh Cinta terdengar lebih rancak dan hidup.
• Lagu kedua adalah Terluka Berpisah Denganmu yang sudah sering mengudara di radio. Lirik lagu yang “Badai” banget ada di sini dengan pembawaan yang lebih simpel dibanding ketika Badai membuat karya untuk Kerispatih.
• Setelah lagu kedua, mengalunlah Mengapa Saat Ini? yang bertema tak jauh dari lagu sebelumnya. Sebuah kesedihan atas cinta yang tak menyatu. Di lagu ini, ciri Badai yang sangat mengidolakan David Foster sangat terasa. Intro di lagu ini sangat berciri David Foster. Lagu ini bisa saja akan menjadi sebuah lagu yang banyak disuka. Lagu dengan irama pelan dilanjutkan pada track berikutnya, Tak Kan Tinggalkanmu yang bercerita tentang sebuah kesabaran atas nama cinta.
• Berikutnya adalah sebuah lagu dengan irama yang beat. Cerita tentang sebuah cinta yang diselingin perselingkuhan ada di lagu yang berjudul Tak Ingin Munafik. Lagu beat berikutnya menyusul dengan judul Hal Tak Biasa. Lagu ini bercerita tentang kekaguman terhadap seorang wanita dan bagaimana jatuh cinta pada wanita itu.
• Keriangan irama beat pada kedua lagu di track lima dan enam diredam dengan lagu mellow di track ketujuh yang berjudul Cukup Aku yang bercerita tentang seorang wanita yang jatuh ke pelukan orang lain. Selanjutnya, irama medium ada di lagu Bukan Pilihan yang bercerita tentang kerelaan berkorban melepaskan seseorang yang kita cinta. Tema lagu yang hampir sama yaitu cinta yang kandas dengan irama medium seperti lagu sebelumnya ada di lagu berikutnya, Kita Tak Berjodoh.
• Lagu kesepuluh berirama pop rock. Lagu berjudul Cinta Itu Perjuangan kembali bercerita tentang cinta. Perlunya sebuah perjuangan untuk mendapatkan cinta. Album ini ditutup dengan lagu Always In My Heart dengan musik pop yang lebih progresif yang sekali lagi bercerita tentang cinta.. Jauh atau pun dekat, kau tetap di hatiku.

Sebelas lagu dalam satu album sebenarnya bisa jadi lebih manis jika ditambah dengan satu lagu lagi. Mengulang Waktu yang saat album ini direncanakan dan sudah sering diputar di radio-radio semestinya bisa menjadi pelengkap untuk album ini karena lagu tersebut sudah akrab bagi pendengar musik Indonesia dan lagunya pun bercirikan Badai.

Pembedaan musik dilakukan Badai agar tak ada kerancuan karya yang dibuat untuk Kerispatih dan album solonya. Namun untuk tema lirik, apa yang melekat pada diri Badai memang tak bisa dilepaskan. Masih bercerita tentang cinta, kehidupan dan wanita. Di album ini, lirik lagu yang dibuat Badai lebih sederhana dan lugas daripada yang biasa dia buat untuk Kerispatih. Kiasan dan metafora yang biasa ditemukan di Kerispatih tak menonjol di album solo ini.

 

Kemasan & Distribusi
Sebagaimana album-album Kerispatih, album Love Life Woman ini juga berada di bawah label Nagaswara. Dengan jaringan distribusi yang sudah dimiliki, tak sulit mendapatkan album ini di toko-toko kaset/CD. Baik itu toko berjaringan maupun toko tradisional yang biasanya menjangkau sampai level kabupaten atau bahkan kecamatan.

Kemasan yang menggunakan kertas terkesan rapuh. Namun kemasannya digarap lebih serius daripada album-album musik yang biasa dijual di gerai ayam goreng cepat saji yang hanya berupa kertas tipis seperti digunakan untuk menempatkan cakram oleh rental-rental film.

Dengan kualitas musik dan lirik yang tidak apa adanya alias alay atau ala boyband, album ini dijual dengan harga terjangkau. Menjadikan album ini sebagai tambahan koleksi perpustakaan musik tidaklah rugi karena lagu-lagu di album ini semakin didengarkan semakin terasa enak di telinga.

 

Tj Singo
Penikmat Musik Indonesia

Advertisements

2 thoughts on “Badai – Love Life Woman

  1. Baru beli kemaren cd love life woman @badaiofficial dan udah nyimak lagu2 nya yg ciamik. Sukses buat @badaiofficial dan jaya musik Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s