Air Supply – 40th Anniversary Tour

Penikmat lagu romantis manca negara di Indonesia khususnya generasi 80an dan 90an pasti kenal Air Supply. Duo asal Australia, Russell Hitchcock (vokal) dan Graham Russell (gitar dan vokal), tahun ini menjalani serangkaian tour dunia dalam rangka memperingati 40 tahun karir mereka di dunia musik. Yogyakarta menjadi salah satu kota – selain Malang – yang beruntung disinggahi duo ini.

Duo yang awalnya sebuah group beranggotakan lima orang ini memulai karir mereka ketika Russell dan Hitchcock pertama kali bertemu pada hari pertama latihan pementasan musikal Jesus Christ Superstar produksi Andrew Lloyd Webber/Tim Rice di Sydney, 12 Mei 1975. Setelah itu, keduanya membentuk Air Supply.

Pendengar Air Supply di Indonesia sangat akrab dengan lagu-lagu mereka terutama lagu-lagu slow yang bertema cinta. Sebut saja ‘Lost In Love’ dari album Life Support (1979) yang juga ada di album Lost In Love (1980), ‘All Out of Love’ dan ‘Every Woman in the World’ dari album tahun 1980 itu. Dari album The One That You Love (1981), lagu yang populer adalah ‘The One That You Love’ dan ‘Here I Am’.

Dari album Now and Forever (1982) ada beberapa lagu yang sangat akrab seperti ‘Now and Forever’; ‘Even the Nights Are Better’; ‘Young Love’; ‘Two Less Lonely People in the World’ dan ‘Come What May’. Pada album kompilasi Air Supply Greatest Hits (1983), selain terdapat lagu-lagu hits pada album-album mereka, terdapat pula lagu ‘Making Love Out of Nothing at All’ yang sering dijadikan sebagai lagu untuk mengukur kekuatan nada seorang penyanyi karena lagu ini nadanya terus meningkat serta ‘Here I Am (Just When I Thought I Was Over You)’.

Di tahun 1985, mereka merilis album Air Supply (self-titled) seperti yang mereka lakukan pada tahun 1976 namun dengan daftar lagu yang berbeda. Pada album versi 1985 terdapat beberapa lagu hits ‘Just as I Am’; ‘The Power of Love’ yang juga dinyanyikan vokalis lain seperti Celine Dion, Laura Branigan dan Helene Fischer; ‘I Can’t Let Go’ dan ‘I Can Wait Forever’ yang merupakan ciptaan bersama Graham Russell, David Foster dan Jay Graydon. Lagu ini juga muncul di film Ghostbusters (1984).

Hanya ada satu lagu yang akrab dari album Hearts In Motion (1986) yaitu ‘Lonely Is the Night’. Sementara dari album The Earth Is ….. (1991), pendengar lagu Air Supply hanya akrab dengan lagu ‘Without You’. Di tahun 1993 Air Supply merilis album The Vanishing Race dimana ada dua lagu yang populer yaitu ‘Good Bye’ dan ‘It’s Never Too Late’.

Ketika Air Supply merilis album ke-13, News From Nowhere (1995), mereka menginterpretasi ulang lagu legendaris ‘Unchained Melody’ milik The Righteous Brothers dan menjadi soundtrack film Ghost (1990) yang sukses dibintangi Patrick Swayze dan Demi Moore. Selain itu, lagu ‘Always’ dari album ini juga cukup populer.

Di album The Book of Love (1997) terdapat lagu ‘Strong, Strong Wind’ yang cukup populer di Indonesia walaupun tidak sesukses lagu-lagu dari album-album. Praktis setelah album The Book of Love, lagu-lagu Air Supply di Yours Truly (2001),
Across the Concrete Sky (2003) dan Mumbo Jumbo (2010) tak lagi banyak menjadi hits di Indonesia.

Tujuh belas album yang dihasilkan Air Supply membuat duo ini begitu dikenal di Indonesia. Tak heran jika group ini beberapa kali datang ke Indonesia untuk menjumpai penggemarnya. Perjalanan dari album yang dirilis pada tahun 1980 – 1990an memberikan banyak lagu yang bisa menjadi kenangan dan soundtrack buat penggemarnya di Indonesia.

Penampilannya di Yogyakarta kali ini adalah yang kedua setelah yang pertama diadakan di tahun 1997 di Hotel Garuda. Dengan banyaknya hits yang dimiliki, tentu bisa dibayangkan sebuah karaoke massal akan terjadi di Yogyakarta pada tanggal 11 Maret 2015 ini di Ballroom Hotel Tentrem. Menurut Anas Sahrul Alimi, CEO Rajawali Indonesia Communication dan Nuscomm Indonesia selaku promotor, Air Supply akan tampil dengan format full band dan akan membawakan setidaknya 20 – 23 lagu hits mereka.

So, yang ingin termanjakan dengan romantika masa lalu lewat lagu Air Supply, nampaknya event ini bisa menjadi jawabannya.

 

Tj Singo

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s