Jatuh Hati – Raisa

Raisa. Lengkapnya Raisa Andriana. Vokalis wanita Indonesia yang saat ini banyak dibicarakan. Dia tak hanya punya modal wajah, tapi juga modal suara. Kemunculannya di dunia musik Industri Indonesia memang bagai oase di tengah keringnya vokalis wanita yang tenggelam karena tren boy band dan girl band yang hanya bermodalkan tampang tapi jangan ditanya kualitas suara.

Lewat album Raisa di tahun 2011 yang sukses, karir Raisa mulai menanjak. Tawaran manggung mulai berdatangan. Di tengah kesibukannya yang meningkat, dia tetap bertanggung jawab berkarya. Selang dua tahun, Raisa merilis album Heart To Heart yang makin menancapkan namanya.

Dua album yang dihasilkan semakin membuatnya sibuk manggung dan menjadi brand ambassador beberapa produk. Kesibukan menjadi bintang iklan dan guyuran hasil yang lebih cepat dan instan tak membuat dia lari dari tanggung jawab terhadap karir bermusiknya. Setelah dua tahun merilis album keduanya, awal tahun ini pendengar musik Indonesia kembali disuguhi sebuah single menawan Raisa yang berjudul ‘Jatuh Hati’.

Dirilisnya single bisa menjadi tanda bahwa sebentar lagi album akan segera diproduksi. Pembeli albumnya pasti sudah tak sabar menunggu bagaimana karya Raisa yang boleh dibilang punya paket lengkap dalam meniti karirnya. Ya wajah yang menawan, ya lagu yang apik, ya juga sikap yang manis.

Lalu, bagaimana single ini bisa menyihir pembeli albumnya yang tak sabar menunggu?

Judulnya memang menarik, Jatuh Hati. Bagaimana dengan lagunya? Buat saya, definisi lagu bagus bukanlah lagu yang sekali didengarkan langsung dijustifikasi sebagai lagu enak. Perlu frekuensi lebih untuk mendengarnya sampai pada kesimpulan lagu itu tak membosankan tapi semakin membuat jatuh hati dan jatuh cinta.

Nah, lagu ini membuat saya menyimpulkannya seperti itu. Tapi, mengapa judulnya Jatuh Hati, bukan Jatuh Cinta? Adakah perbedaan di antara dua istilah yang sering disamakan itu?

ada ruang hatiku yang kau temukan
sempat aku lupakan kini kau sentuh
aku bukan jatuh cinta namun aku jatuh hati

ku terpikat pada tuturmu, aku tersihir jiwamu
terkagum pada pandangmu, caramu melihat dunia
ku harap kau tahu bahwa ku terinspirasi hatimu
ku tak harus memilikimu tapi bolehkah ku selalu di dekatmu

ada ruang hatiku kini kau sentuh
aku bukan jatuh cinta namun aku jatuh hati

ku terpikat pada tuturmu, aku tersihir jiwamu
terkagum pada pandangmu, caramu melihat dunia
ku harap kau tahu bahwa ku terinspirasi hatimu
ku tak harus memilikimu tapi bolehkah ku selalu di dekatmu

katanya cinta memang banyak bentuknya
yang ku tahu pasti sungguh aku jatuh hati

ku terpikat pada tuturmu, aku tersihir jiwamu
terkagum pada pandangmu, caramu melihat dunia
ku harap kau tahu bahwa ku terinspirasi hatimu
ku tak harus memilikimu tapi bolehkah ku selalu di dekatmu
tapi bolehkah ku selalu di dekatmu

Jika membaca dengan seksama lirik lagu ini, jatuh hati hanyalah sebatas kagum dan suka tanpa harus melibatkan perasaan yang lebih dalam yaitu cinta. Jatuh cinta punya arti yang lebih mendalam. Ada unsur memiliki.

Lagu jatuh hati yang merupakan ciptaan Raisa dan Ifa Fachir ini memang sebuah Teka-Teki. Pada siapakah sang pelantun sedang jatuh hati? Saya tak tau. Tapi, bagaimana kalau lagu ini dihubungkan dengan lagu ‘Sepatu’ yang dinyanyikan Tulus seorang vokalis pria yang juga sedang menanjak karirnya?

kita adalah sepasang sepatu
selalu bersama tak bisa bersatu
kita mati bagai tak berjiwa
bergerak karena kaki manusia

aku sang sepatu kanan
kamu sang sepatu kiri
ku senang bila diajak berlari kencang
tapi aku takut kamu kelelahan
ku tak masalah bila terkena hujan
tapi aku takut kamu kedinginan

kita sadar ingin bersama
tapi tak bisa apa-apa
terasa lengkap bila kita berdua
terasa sedih bila kita di rak berbeda
di dekatmu kotak bagai nirwana
tapi saling sentuh pun kita tak berdaya

ku senang bila diajak berlari kencang
tapi aku takut kamu kelelahan
ku tak masalah bila terkena hujan
tapi aku takut kamu kedinginan

kita sadar ingin bersama
tapi tak bisa apa-apa
kita sadar ingin bersama
tapi tak bisa apa-apa
terasa lengkap bila kita berdua
terasa sedih bila kita di rak berbeda
di dekatmu kotak bagai nirwana
tapi saling sentuh pun kita tak berdaya

cinta memang banyak bentuknya
mungkin tak semua bisa bersatu

Mereka berdua memang berada di puncak karir saat ini. Bagus juga ya kalau mereka saling menjawab lewat karya? Kalau urusan apakah mereka sedang jatuh hati atau jatuh cinta, jangan tanyakan saya. Saya gak suka gosip tapi lebih suka mencoba menghubungkan bagaimana sebuah karya nyambung dengan karya lain.

Tj Singo
Penikmat Musik Indonesia

2 thoughts on “Jatuh Hati – Raisa

Leave a Reply

