Ari Aru – The Man Behind The Stars

Singo & Ari Aru

Bagi banyak pendengar musik, seorang penyanyi solo atau band adalah toko sentral dari sebuah produk yang bernama lagu atau musik. Padahal, di balik mereka kadang ada seseorang yang juga punya peran tak kecil. Orang menyebutnya orang di balik layar. Orang di balik layar ini bisa saja produser, manager atau yang lain.

Group Project Pop yang terkenal dengan lagu berlirik jenaka adalah sebuah group yang tidak hanya berisi enam orang yang bernyanyi bersama. Di belakang mereka ada band yang mengiringi mereka bernyanyi. Salah satu dari anggota band mereka adalah Ari Aru, nama beken dari Ari Renaldi. Ari Aru adalah drummer.

Selain menjadi drummer untuk Project Pop, Ari juga pernah membantu Enno Lerian, Glenn Fredly, Imel (Strawberry), Mocca, R42/Red, Rio Febrian, Rossa, She dan juga Zen. Ari membantu She pada album Tentang Aku, Kamu & Dia (2004) sebagai Music Director/arranger. Ia juga menjadi co-producer Mocca pada album Friends (2004) dan Colours (2007).

Ari sendiri juga memiliki band yang bernama 4Peniti. Band ini beranggotakan Zaki (vokal-gitar), Ammy (biola-mandolin), Ari (drum-piano), Rudy (contra-bass). Band ini memainkan genre jazz.

Nama Ari awalnya tidak begitu saya perhatikan. Namun ketika saya tau dialah orang di balik suksesnya Tulus, saya menjadi penasaran. Apalagi ternyata, keterlibatannya pada band-band dan penyanyi cukup banyak. Tentu saja, kesuksesan musik Tulus adalah perhatian utama saya. Apa dan bagaimana dia bisa menjadikan Tulus seorang bintang.

Bicara tentang musik Tulus adalah bicara konsep. Itulah yang membuat Tulus menjadi seperti sekarang ini. Ari sekarang mencurahkan perhatiannya pada Tulus. Pada pementasan Tulus yang cukup besar, Ari menyertainya. Itulah yang membuat saya bisa bertemu dengannya di Yogya saat Konser Gajah Tulus, 21 Maret 2015 yang lalu.

Kesempatan menemui Ari tak saya sia-siakan. Meskipun hanya sebentar, waktu bertemu itu bisa menjadi sesuatu. Dari sanalah saya tau bagaimana awalnya Tulus bisa bekerja sama dengan Ari yang jadi produsernya.

Ari memiliki studio. Tulus dulu menyewa studionya untuk rekaman. Ari mendapati suara Tulus yang bagus. Suatu saat, ia mencari penyanyi untuk mengisi sebuah acara dan terpikirlah Tulus untuk mengisi acara itu. Proses berjalan natural sampai pada akhirnya Tulus menawari Ari untuk menjadi produsernya untuk album pertama Tulus tahun 2011.

Sejak itu, kerjasama berlangsung. Ari menjadi konseptor musik yang dibawakan Tulus. Dan terbukti, hasil racikannya ditambah vokal Tulus yang bagus memang akhirnya menjadikan Tulus seorang bintang. Dan Ari Aru alias Ari Renaldi adalah the man behind the star.

Ah, pembicaraan yang hanya lima menit ini sungguh berkesan buat saya. Sayang, saya tak punya banyak kesempatan bertanya tentang group-group atau penyanyi solo lain yang pernah dia tangani. Mudah-mudahan di lain kesempatan saya masih bisa berjumpa dengan Ari. Mungkin butuh secangkir teh hangat atau kopi panas atau minuman lain yang dia suka agar pembicaraan menjadi lebih panjang…….

Tj Singo

Leave a Reply

