Box Set Chrisye – Nilai Sebuah Kesetiaan

Chrisye album box set wm

Box Set merupakan kumpulan semua karya yang dikemas dalam satu set. Ini bisa saja karya musik, buku, film, program televisi dan lain-lain. Dalam dunia musik, Box Set adalah semua album seorang musisi atau band sepanjang karirnya. Di luar negeri, box set banyak dirilis, misalnya The Beatles, Led Zeppelin, Pink Floyd dan lain-lain.

Di Indonesia, Box Set pertama yang dirilis adalah Box Set Chrisye (2007), terdiri dari 3 set yang disebut Trilogi 01, Trilogi 02 dan Trilogi 03. Total ketiga Trilogi tersebut berisi 21 album yang dibagi tujuh album di setiap setnya.

Chrisye memang pantas memiliki Box Set karena kesetiaannya pada profesinya sebagai penyanyi. Selain itu, kesetiaan juga ditunjukkan dengan bernaung di label Musica sejak album solo pertamanya, Sabda Alam (1978) sampai Senyawa (2004). Album dimana dia terlibat pembuatannya seperti Guruh Gipsy, Jurang Pemisah, OST Badai Pasti Berlalu dan OST Seindah Rembulan tak masuk di Box Set ini karena album-album itu tak diproduksi oleh Musica.

Ketika orang mulai mendengarkan music lewat cakram, hampir semua album Chrisye dirilis ulang dalam bentuk CD. Hanya satu album (mini) yang tak diproduksi yaitu album Cintamu Tlah Berlalu (1992) dan CD album ini hanya ada di Box Set.

Inilah sebuah perjalanan seorang musisi yang diabadikan secara lengkap dalam bentuk Box Set. Saat Box Set ini dirilis, penjualannya terbatas lewat pembelian dengan kartu kredit bank tertentu. Kira-kira dua tahun yang lalu, penjualannya dilakukan lewat online store Blibli.com.

Box Set Chrisye ini mengajarkan pada musisi bahwa kesetiaan baik pada profesi maupun pada label suatu saat akan membuat pecinta bisa memiliki kembali album-album lama yang mungkin dulu tak dimiliki atau hilang.

Chrisye memang telah pergi meninggalkan kita tapi karyanya tetap abadi di dunia musik Indonesia. Karyanya tak lekang karena konsistensi, kesetiaan dan totalitasnya dalam berkarya. Dan, hari ini, tanpa terasa, Sang Legenda telah sewindu meninggalkan kita namun karyanya tetap abadi. Namanya tetap dikenang sebagai seorang musisi besar yang tak banyak tingkah.

Sang Legenda tetap ada. Dia tak pernah mati. Setiap saat suaranya masih berkumandang dimana-mana. Hanya secuil doa yang bisa diucapkan semoga ia berada di tempat terbaik di sana. Suatu saat kita akan bersama sebagaimana pernah kau lagukan pada ‘Ketika Tangan dan Kaki Berkata’ yang kau ciptakan bersama penyair Taufiq Ismail …..

Akan datang hari
Mulut dikunci
Kata tak ada lagi

Akan tiba masa
Tak ada suara
Dari mulut kita

Berkata tangan kita
Tentang apa yang dilakukannya
Berkata kaki kita
Kemana saja dia melangkahnya

Tidak tahu kita
Bila harinya
Tanggung jawab, tiba…

Rabbana
Tangan kami
Kaki kami
Mulut kami
Mata hati kami
Luruskanlah
Kukuhkanlah
Di jalan cahaya
Sempurna

Mohon karunia
Kepada kami
HambaMu
Yang hina

Yogyakarta, 30 Maret 2015
Sewindu kepergian Sang Legenda

Tj Singo
Pengagum Chrisye

Advertisements

2 thoughts on “Box Set Chrisye – Nilai Sebuah Kesetiaan

  1. Wahh,, keren bgt. Enak kalo udh punya koleksi lengkap kaya si Om.. Salut deh!! Aku jd iri, soalnya aku jg pengagum Chrisye & pengen bgt punya koleksi album” Chrisye..Kalo buku” biografinya Chrisye punya gk, Om?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s