Emerald

Sejak pertengahan tahun 1980an, dunia musik Indonesia dihiasi oleh alunan musik jazz fusion. Adanya ajang kontes atau festival menyuburkan tumbuhnya band jazz. Emerald salah satunya.
Mengenal mereka sejak lagu Karapan Sapi yang sekaligus judul albumnya (1989) yang merupakan album kedua setelah album sebelumnya berjudul Cemas dirilis tahun 1988 dengan bintang tamu vokalis almarhum Utha Likumahuwa dan Jean Retno Ariyani.
Album Karapan Sapi bisa disebut sebagai album yang melejitkan mereka di antara band jazz lainnya. Almarhum Ricky Jo menjadi vokalis Emerald sejak album ini.
Perjalanan karya mereka berlanjut ke album Baralek Gadang (1991) dan Marunda (1994). Setelah itu mereka vakum cukup lama sampai di tahun 2008 mereka merilis kompilasi Best Of yang sampai sekarang albumnya belum saya miliki. Di tahun 2015 mereka kembali merilis karya mereka. Album berjudul Beda mereka hadirkan dan mereka menyebut group mereka dengan Emerald Bex. Di album ini lagu Beda dibawakan oleh putri almarhum Ricky Jo.

Pertemuan saya dengan mereka terjadi di event Solo City Jazz. Tahun 2012 apa 2013 ya? Saya berharap suatu saat menikmati lagi penampilan Morgan pada gitar, Roedyanto pada bass dan Iwang pada kibor dan additional drummer yang selama ini banyak dipercayakan pada Yandi, drummer muda potensial.
Dan kalau pertemuan itu terjadi di Yogya, saya sudah menyiapkan tempe goreng untuk sang bassist. Ini bassist suka tempe goreng dan permainannya asik. Gak ada hubungannya ya? Ah biarin lha. Yang penting asik. Sekali lagi….. Asik! 😁

#mycollection
#note
#testimony
#Emerald – with Morgan, Iwang, and Roedyanto

View on Path

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s