Rilisan Fisik Kembali Berjaya?

Hari ini datang di Record Store Day (RSD). Hampir semua stand menjual produk musik; vinyl, kaset dan cd. Banyak anak usia 20 tahunan membeli kaset terutama kaset 80an – 90an.
Mereka yang sebenarnya generasi digital dan lebih akrab dengan compact disc malah membeli kaset. Agak mengherankan karena boleh dibilang pembelian kaset dianggap jadoel dan out of date tapi yang terjadi demikian adanya.
Karena penasaran, mencoba menguping percakapan mereka dengan penjual di sana. Beberapa malah bertanya bagaimana cara merawat kaset 😱😱😱
Ternyata, mereka baru mulai terjun dalam dunia koleksi kaset.
Ada pula yang membeli karena mereka adalah mahasiswa yang belajar musik dan mendapat tugas dari dosennya untuk mendengarkan lagu tertentu.
Maka, mencarilah mereka kaset yang dimaksudkan dosennya. Ada yang mencari kaset Guruh Sukarno Putra, Indra Lesmana, Bhaskara dan lain-lain.
Ada pula yang mencari kaset Krakatau karena mereka menonton Krakatau beberapa saat yang lalu di Yogyakarta lalu mereka jadi suka.
Waktu berputar. Akankah kejayaan masa kaset berulang? Vinyl dan kaset yang tak serentan CD untuk dibajak menjadi populer kembali.
Dan yang juga menarik adalah tulisan “Ayo beli rilisan fisik”. Mungkin ini adalah sebuah perlawanan terhadap industri unduh berbayar yang dipelopori negara kapitalisme atau bisa juga ini ajakan positif agar pendengar musik tak sekedar unduh haram via internet. Sebuah ajakan untuk menghargai karya musik dengan membeli produk yang resmi, produk fisik.
RSD pada akhirnya menghidupkan ekonomi para penjual rilisan fisik, begitu kata pak Kus, salah satu penjual kaset & vinyl dari Solo yang ambil bagian di RSD 2016 di Yogyakarta.
Sayang, event seperti ini hanya terjadi setahun sekali dan hanya satu hari. 364 hari lainnya digunakan para pedagang untuk mengumpulkan barang dagangan mereka???

Sebuah catatan.

#recordstoreday – with Bens, Donny, iwa, DODY IS, Bebi, CaPunG🍌, David, Indrawati, badaikerispatih, dionMomongan, and Iwan

View on Path

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s