Neno Warisman

Menemui seorang (mantan) penyanyi yang beralih profesi yang berhubungan dengan agama tidaklah semudah menemui seorang penyanyi lalu meminta tanda tangan di karya-karya yang pernah dia hasilkan.

Di tahun 2010, saya menemui si mbak yang memiliki sekitar 10 album solo plus beberapa album kompilasi di sebuah talk show dengan topik Islami. Sebelum menemuinya, saya menyiapkan redaksi bagaimana agar dia bersedia memberi tanda tangan di karya-karya yang pernah dia hasilkan. Seusai acara, saya menemuinya dan membuka pembicaraan dengan kalimat: “mbak, saya seorang kolektor. Mau minta tanda tangan di karya-karya masa lalu, mbak Neno.”
“Apa itu?” tanyanya.
Lalu saya mengeluarkan seluruh album yang pernah dia hasilkan dan meminta tanda tangan. Dia terheran. Mungkin dalam hati dia berkata: “koq ono wong koyo ngene yo?”
Beliau membubuhkan tanda tangannya di koleksi saya.
Yang saya dengar dari beberapa teman, beberapa penyanyi yang beralih profesi menggeluti bidang agama menutup masa lalunya dan tak mau lagi berhubungan dengan masa lalu itu. Ternyata tidak bagi seorang Neno Warisman.

Tahun 2014 saya menemuinya lagi untuk meminta tanda tangan di album-album yang saya dapatkan setelah pertemuan pertama. Di antara para peserta seminar yang ingin berfoto, mbak Neno menyempatkan waktunya menandatangani koleksi saya sambil berkata: “mas Singo, saya aja gak punya kaset-kaset ini. Kalau ada lagi saya mau donk”

Jreeeeeng….. Sabtu lalu, 4 Juni 2016, saya menemuinya lagi dengan 10 kaset yang semoga bermanfaat buatnya. Tak ada lagi permintaan tanda tangan. Tanpa persiapan camera seperti kebiasaan tapi foto juga akhirnya. Dibantu oleh sang asisten (atau manager ya?) dengan perangkat tablet yang dibawanya kami berfoto dan mbak Neno memamerkan kaset-kaset yang telah berpindah kepemilikan.
Disimpan yang baik ya mbak Neno. Susah dapetinnya. Dan semoga keingintahuan anak-anak tentang karya mbak Neno terjawab. Setidaknya lewat 10 kaset itu ☺

 

Leave a Reply

