Jikustik – Tuhan Itu Ada

Dalam sebuah kesempatan manggung, Ariel (Noah) mengatakan beberapa Sahabat Noah menanyakan mengapa Noah tidak atau belum merilis album religi. Dijawab oleh Ariel bahwa lagu bersifat universal. Tergantung bagaimana kita menginterpretasikan lagu tersebut. Lagu yang liriknya biasa dan dianggap lagu cinta pun bisa saja diterjemahkan sebagai lagu religi.

Di tengah pertanyaan (yang mengaku) pendengar musik yang mempertanyakan keberadaan Jikustik, group yang beranggotakan Adhitya pada kibor, Bayu pada bass, Brian pada vokal, Carlo pada drum dan Dadik pada gitar ini merilis sebuah album yang diberi tajuk album rohani, Tuhan Itu Ada. Rohani atau religi sama saja lah. Pemahamannya adalah lagu-lagu yang digunakan untuk memuji kebesaran nama Tuhan dan bisa dilakukan oleh semua agama. Kalau pun Jikustik lebih memilih istilah rohani tidak berarti menyempitkan pemahaman atas sebuah agama. Apakah istilah rohani dan religi harus diperdebatkan?

Album ini berisi lima lagu. Dua di antaranya pernah dirilis di album-album sebelumnya yang merupakan ciptaan Dadik sang gitaris. Lagu Puisi menjadi super hits atau bisa dibilang masterpiece Jikustik dari album Siang (2006). Sebuah lagu yang selalu ditunggu-tunggu para Jikustikan ketika mereka berada di panggung untuk dinyanyikan secara massal. Lagu ini juga sering diputar di tempat-tempat keramaian. Lagu lain yang pernah dirilis adalah Tetap Percaya yang ada di album Kembali Indah (2011).

Yang membedakan kedua lagu di album ini dan di album sebelumnya adalah pada lirik lagu. Kata yang mengandung “mu” (kamu) di album ini tertulis sebagai “Mu” dengan huruf besar yang secara aturan penulisan ejaan merupakan penyebutan untuk Tuhan. Yang tak kalah penting adalah aransemen. Di album ini, aransemen musik begitu teduh sebagaimana karakteristik lagu rohani, lagu yang jika didengarkan dengan penuh atensi bisa membawa kedekatan pada Sang Pencipta.

Pengharapanku Pada-Mu sebagai lagu pembuka di album ini merupakan lagu yang ada di album rohani Brian, Dia Telah Datang, yang dirilis pada tahun 2010 sebelum dia resmi menjadi vokalis di band ini. Tuhan Itu Ada di track kedua dan Bantu Aku Tuk Slalu Pulang pada track ketiga merupakan lagu baru ciptaan Dadik. Di album ini, pada lagu Puisi dan Bantu Aku Tuk Slalu Pulang, terdapat suara Andientyas. Andien merupakan seorang penyanyi yang pernah membawakan lagu Puisi yang merupakan singlenya.

Selain dua lagu pertama, tiga lagu di album baru Jikustik ini membuktikan apa yang pernah diutarakan Ariel seperti pada pembuka awal tulisan ini benar adanya. Sebuah lagu bisa dipandang dari sisi lain, multi interpretasi. Lirik lagu bersifat universal. Bagi seseorang sebuah lagu bisa diterjemahkan sebagai lagu cinta tapi bisa juga menjadi lagu rohani ketika dibawakan dan dimaknai secara dalam. Musik yang sifatnya juga universal juga ditunjukkan Jikustik bahwa apa pun agama personilnya, mereka bisa menyeragamkan permainan karena memiliki pemahaman yang sama atas Sang Pencipta. Album ini juga menegaskan Jikustik masih setia dengan ranah sweet pop sekaligus menjawab yang mempertanyakan keberadaan Jikustik.

Album ini diterbitkan oleh Penerbit & Percetakan Pohon Cahaya. Untuk informasi pembelian bisa dilihat pada akun Twitter @pohoncahaya. Kalaupun ada yang kurang dari album ini, sifatnya bukanlah pada musiknya namun kemasan. Mestinya, sebuah cakram berisi karya audio musik dikemas sebagaimana umumnya, dengan tempat berukuran untuk CD, bukan dalam kemasan seukuran cakram berisi film atau cakram untuk karaoke. Rasanya jadi janggal ketika koleksi karya Jikustik ditata dengan ada satu album yang ukurannya beda.

Jadi, mau menikmati karya Jikustik yang sweet pop sambil mendekatkan diri kepada-NYA? Mau menikmati lagu cinta atau lagu rohani? Album ini adalah jawabannya.

 

Tj Singo
Penikmat Musik Indonesia

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s