Konser Sepenuh Cinta – Cinta Pada Siapa Saja

Yogyakarta. Banyak yang menyebutnya Indonesia Mini karena di kota ini terdapat jutaan orang yang berasal dari seluruh pelosok negeri ini termasuk orang-orang usia produktif dari pelajar sampai pasangan keluarga yang merupakan pasar dunia musik. Tak heran di kota ini sering terlaksana pertunjukan musik. Banyak musisi berpendapat Yogyakarta adalah salah satu kota tolok ukur keberhasilan bermusik. Di kota ini, apresiasi selalu ditunjukkan para orang muda.

Banyak event yang menempelkan kata cinta pada acara yang mereka gelar. Cinta memang kata yang sangat universal dan generik dipakai untuk menunjukkan sebuah perbuatan baik. Cinta memang tak terbatas pada hubungan antara sepasang manusia tapi juga hubungan antar manusia yang sangat universal dan bermuara pada kasih seutuhnya.

Di antara sekian banyak event baik yang sporadis maupun regular, salah satu event tahunan di Yogyakarta yang menampilkan grup band atau penyanyi solo yang menyuarakan lagu-lagu cinta adalah Konser Sepenuh Cinta (KSC). Tahun 2014 merupakan tahun pertama penyelenggaraan KSC dengan menampilkan Raisa dan Tulus sebagai penyanyi yang mengisi acara ini. Disusul CND, Jikustik dan Kahitna featuring Titi DJ pada tahun berikutnya. Di tahun ketiga, The Finest Tree dan Sheila on 7 menjadi pengisi acara. Dan di tahun ini, Everyday dan KLa Project yang akan berada di panggung KSC pada tanggal 9 Desember 2017.

Selain penyanyi, KSC juga menampilkan Pandji Pragiwaksono yang berlaga sebagai stand up comedian pada tahun pertama. Pragina Gong adalah sekumpulan penari dari Yogyakarta yang tampil di tahun kedua. Mila Art Dance tampil di tahun ketiga. Tahun ini, Paduan Suara Mahasiswa UAJY akan tampil sebelum penampil utama.

Dimasukkannya pengisi acara yang bukan penyanyi pada KSC membuat gelaran ini berbeda dengan konser-konser musik pada umumnya. Tentu menarik untuk mengetahui hal yang berbeda. Konser Sepenuh Cinta diadakan sebagai terjemahan cinta yang tidak meruncing pada kisah cinta antar pasangan saja karena cinta memang bermuara pada apa saja.

Adhy Prihantoro sebagai pencetus dan penyelenggara KSC yang ditemui di kantornya mengatakan KSC adalah sebuah persembahan cinta dalam arti yang luas. Pemilihan frasa sepenuh cinta mempunyai arti sama penuh dengan cinta. Cinta yang tak hanya antara sepasang manusia tapi juga cinta pada lingkungan, budaya, negara dan pada sesama.

Cinta pada lingkungan dan sesama diterjemahkan pada konser ini dengan memberikan bantuan pada lingkungan yang perlu dibantu. Pada pelaksanaan KSC terputar video yang menggambarkan apa yang telah dilakukan oleh institusi Mara Advertising –sebagai induk utama penyelenggara konser ini – di daerah tertentu yang mendapatkan sumbangan. Inilah bentuk cinta pada lingkungan dan sesama.

Cinta budaya yang juga menjadi bagian dari acara ini dilakukan dengan menampilkan  Pragina Gong di KSC 2015 dan Mila Art Dance di KSC 2016. Pragina Gong merupakan grup tari yang mengusung unsur tradisional bersuasana modern. Unsur tradisional tetap  sebagai genre utama mereka. Grup ini tampil pada ajang pencarian bakat Indonesia Got Talent tahun 2010. Sementara itu, Mila Art Dance adalah komunitas tari yang terdiri dari sekumpulan seniman wanita yang didirikan oleh Mila Rosinta Totoatmojo pada tahun 2012. Proses demi proses dilalui Mila Art Dance sehingga terbentuklah pemikiran untuk berkarya berlandaskan budaya Indonesia yang disajikan dalam bentuk yang berbeda.

Cinta pada negara alias nasionalisme diejawantahkan dengan menampilkan penyanyi atau grup band negeri ini. Dalam perjalanannya, sempat terbersit menampilkan grup band manca negara yang juga menyanyikan lagu-lagu cinta tapi semangat awal diadakannya konser ini membuat Adhy batal menampilkan grup tersebut.

Dari tiga kali pelaksanaan yang terbilang sukses jika dilihat dari terjualnya tiket, konser ini pasti dirancang dengan matang. Penampilan grup atau penyanyi utama di konser ini adalah faktor yang tak bisa dikesampingkan. Kekuatan karya dan basis massa menjadi alasan untuk menampilkan sebuah grup atau penyanyi solo pada konser ini. Segmen usia juga menjadi target yang diperhitungkan  Jadi, tak mengherankan jika selama tiga kali penyelenggaraan, tiket selalu terjual habis.

Penonton yang hadir di acara ini ikut menunjukkan cinta mereka. Mereka menunjukkan cinta pada sesama, budaya dan negara yang menjadi tiga spirit utama diadakannya Konser Sepenuh Cinta. Konsep acara memang tak selalu harus digembar-gemborkan namun jika ketika membeli tiket menjadi tak hanya memanjakan mata dan telinga tapi juga menyebarkan cinta, bukankah ini sebuah perbuatan kemanusiaan yang menjadi ajaran semua agama?

Memberi atau membagikan apa yang kita miliki pada orang lain yang membutuhkan akan semakin membuat rejeki menjadi lancar. Itulah yang dialami Adhy saat dia sering berbagi dengan masyarakat sekitarnya. Hidup dan karirnya yang terus mengalir lancar sangatlah dirasakan sebagai jawaban dari Tuhan atas apa yang dia perbuat. Dan, itu yang hendak dia bagikan pada orang-orang lain termasuk para peminat Konser Sepenuh Cinta.

Dan, di tahun keempat pelaksanaannya, KLa Project yang menjadi penampil utama akan menyebarkan cinta lewat karya-karyanya yang sangat kuat dan dikenal masyarakat luas. Grup yang selalu tampil dengan aransemen berbeda di setiap penampilannya sehingga tak pernah membosankan untuk ditonton bisa jadi akan melagukan “Tentang Kita”, “Semoga”, “Tak Bisa Ke Lain Hati”, “Belahan Jiwa”, “Terpuruk Ku Di Sini”, “Romansa”, “Meski Tlah Jauh”, “Gerimis”, “Menjemput Impian”, “Kidung Mesra” dan juga “Hey” yang mengajarkan untuk bekerja dengan cinta dan tentu saja “Yogyakarta” yang merupakan kerinduan sang penulis lagu pada kakek & neneknya dan menjadi masterpiece grup band ini akan bergaung di gedung Grand Pacific Hall pada Sabtu malam yang akan datang.

Mendengarkan gita cinta dan menyebarkan cinta pada pasangan, budaya, sesama dan negara? Itulah Konser Sepenuh Cinta.

Tj Singo
Penikmat Musik Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s