Berlayar Lagi – D’Cinnamons

Every cloud has a silver lining. Setiap kejadian ada hikmahnya. Ketika hikmah dimaknai sebagai hal positif, lahirlah hal produktif. Itulah yang terjadi di balik penciptaan lagu “Berlayar Lagi”, single terbaru dari D’Cinnamons yang merupakan single kedua di tahun ini.

Ismail Bonaventura atau yang lebih dikenal Bona menciptakan lagu ini di tahun 2017 saat berada dalam kondisi quo vadis, antara maju tak bisa, mundur pun tak mungkin. Saat itu, D’Cinnamons yang masih bergabung dengan major label disarankan untuk tidak merilis karya karena bisa jadi suasana industri yang sedang tidak kondusif namun sebagai musisi hasrat untuk menghasilkan karya selalu ada.

Kondisi yang kurang menguntungkan inilah yang melatarbelakangi Bona menyemangati diri sendiri sehingga terciptalah lagu yang bisa memberi motivasi. Kesedihan atau keputusasaan diubah menjadi sebuah semangat untuk tetap berkarya. Lirik lagu dibuat universal dan bisa menjadi penggugah semangat bagi siapa saja yang sedang dalam kondisi putus asa.

D’Cinnamons yang beranggotakan Bona sebagai gitaris, Dodo alias Diana Widoera sebagai lead vocal dan juga memainkan gitar serta Nana atau Riana Mayasari pemain bass dalam single ini berkolaborasi dengan Ari Renaldi, “manusia kuat” di balik suksesnya Tulus dan produser beberapa musisi seperti Mocca dan Yura.

D’Cinnamons yang berciri khas memainkan musik akustik mendapat sentuhan baru pada lagu ini. “Sentuhan Ari sangat berdampak pada progres lagu dan semangat bermusik kami,” kata Dodo. Di lagu ini, ciri khas D’Cinnamons yang akustik terdengar lebih progresif dengan penambahan sound dan style kekinian dan modern. Penambahan beat menjadikan lagu ini memiliki spirit baru untuk D’Cinnamons dan terdengar ear friendly dan manis.

“Pembaharuan” yang terjadi pada group ini diharapkan disambut baik para pecintanya. Pembaharuan adalah tanda kemajuan karena itu artinya mengikuti jaman menjadi kekinian. Kalau terus memainkan musik yang lama, bukankah itu sebuah kemandegan? Maju tidak, dan hanya berputar di zona nyaman. Sementara musik sangatlah dinamis, harus mengikuti jaman.

Single yang diproduksi secara indie di bawah label Nafas Musik dan dipasarkan secara daring lewat Spotify dan iTunes ini diharapkan menjadi langkah yang berlanjut ke single-single lain sehingga bisa terkompilasi menjadi album. Sudah waktunya bagi D’Cinnamons yang tahun ini sudah berusia empatbelas tahun di dunia musik Indonesia melahirkan album ketiga setelah album kedua hanya diproduksi secara digital.

..saat semua tak terbendung lagi
..berteriaklah sekuat jiwamu

Berteriaklah sekuat jiwamu ayo berlayar lagi untuk menghasilkan album baru…….

 

Tj Singo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s