Trie Utami – Kekasih Bayangan

sumber foto: dokumentasi Trie Utami

Banyak yang mengenalnya sebagai vokalis band Krakatau, Trie Utami adalah seniman tulen serba bisa yang menguasai banyak hal. Menyanyi, pasti. Dia juga bisa memainkan piano klasik, menari, melukis, dan juga bermain teater. Trie Utami yang seorang multi lingual (menguasai beberapa bahasa asing) adalah juga seorang guru vokal, penulis buku dan juga pencipta lagu. Lagu-lagunya bertebaran di album-album Krakatau, album-album solonya dan juga dibawakan oleh beberapa penyanyi Indonesia seperti Harvey Malaihollo dan Titi DJ. Perjalanan musikalnya menghasilkan banyak album baik bersama Krakatau, 7 Bintang, Rumpies, Canizzaro, kolaborasi dengan beberapa penyanyi lain maupun album solo.

Peralihan Krakatau yang awalnya memainkan genre fusion jazz menjadi world music membuat Trie Utami menguasai hal baru. Menghasilkan sembilan album solo dan beberapa album kolaborasi dengan Deddy Dhukun, Malyda dan Utha Likumahuwa, album Kekasih Bayangan ini merupakan album solo yang pernah dirilis secara fisik dalam bentuk cakram di tahun 2007.

Album ini adalah album world music. Sembilan lagu yang ada di album ini merupakan karya permenungan perjalanan spiritualnya dengan lirik yang ringan. Jika diinterpretasi lebih dalam, lirik lagu-lagunya menghasilkan multi interpretasi namun semangat spiritual juga bisa dirasakan khususnya pada track berjudul “Nirwana” dan “Karma (Race Against Time)”. Lagu-lagu di album ini semuanya ciptaan Pra B Dharma dan Trie Utami. Lagu “Karma” diciptakan oleh Pra B Dharma, Trie Utami dan Dwiki Dharmawan. Lagu “Tari Latinosia”diciptakan oleh Pra B Dharma, Dwiki Dharmawan dan Budhi Haryono.

Pra B Dharma dan Trie Utami mengerjakan seluruh musik. Beberapa lagu dibantu rekan-rekan Krakatau etnik seperti Budhi Haryono, Yoyon Dharsono, Adhe Rudiana dan Zainal Arifin. Suasana etnik Sunda kental terasa karena unsur berlaras salendro. Dwiki Dharmawan menjadi produser eksekutif di album ini. Selain menjadi pembawa lagu, Trie Utami juga menjadi produser bersama Pra B Dharma sebagai music arranger dan music director yang mengerjakan computer programming, sampling dan looping. Album ini dirilis oleh  Prasajazz Production dan distribusi digital oleh Foundation & Sons di Singapura dan Jerman dengan tujuan jangkauan pemasaran bisa lebih luas, worldwide.

Tak perlu mengernyitkan dahi menikmati lagu-lagu di album yang menarik ini karena adanya pertemuan etnik dan elektronik pada musiknya. Album ini tetap mudah dicerna karena Trie Utami berhasil menemukan cara menyanyi yang mempertemukan identitas tradisi yang disikapi secara modern. Satu hal yang belum tentu bisa dilakukan penyanyi lain. Ini terjadi juga karena Trie Utami juga bertindak sebagai vocal arranger sehingga dia menjadi bagian utuh dari aransemen.

Trie Utami adalah Trie Utami yang tak usah diragukan kemampuan menyanyi dan olah vokalnya. Album ini adalah oase bagi yang menunggu Trie Utami yang sudah lama tak merilis album atau mereka yang tak sempat memiliki album fisik yang edar tigabelas tahun lalu. Silahkan menikmati dan mengunduh di major online stores di jagat maya untuk mendapatkannya.

 

Tj Singo
Penikmat Musik Indonesia

2 thoughts on “Trie Utami – Kekasih Bayangan

  1. Jadi penasaran dengan album Kekasih Bayangan nih Mas. Coba nanti saya cari deh albumnya.
    Btw, saya kurang detil perhatiannya jadi saya baru tahu kalau Trie Utami ini menguasai 7 bahasa. Hebat juga ternyata diluar bidang seninya.

    Salam,

    • Hanya orang dekat yang tahu. Hahahaha. Enggak gitu sih. Saya perhatikan dia bisa menggunakan logat Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali dengan baik. Kesimpulan saya, kemampuan linguistiknya bagus. Jadi saya pernah tanya berapa bahasa asing yang dia kuasai. Dan itu jawabannya 😊

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s